Nias, Sumut (ANTARA News) - Polres Nias bersama Kodim 0213/Nias dan dibantu warga berhasil membuat jembatan darurat di lokasi jembatan yang ambruk di Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

 "Jembatan darurat yang dibuat sementara ini hanya bisa dilintasi sepeda motor kalau roda empat belum bisa," kata Kapolres Nias AKBP. Deni Kurniawan, S.Ik, MH melalui Ps Paur Humas Polres Nias Bripka Restu Gulo, di Nias, Kamis.

Jembatan darurat tersebut menurut Restu, mulai dikerjakan dari Rabu (19/12) dan Kamis (20/12) pagi sudah mulai bisa dilintasi namun hanya untuk sepeda motor.

"Sejak kemarin Polri dan TNI dibantu warga membangun jembatan darurat secara maraton, sehingga pagi ini sudah bisa dilintasi roda dua, kita sudah coba roda empat, tapi terlalu riskan karena takut pondasinya tidak kuat untuk menahan beban kendaraan roda empat," katanya.

Sebelum jembatan darurat tersebut dibangun, Personil Polres Nias bersama Kodim 0213/Nias turut membantu mengevakuasi warga agar bisa melewati jembatan darurat penghubung Nias dan Nias Selatan tersebut.

"Personel Polres Nias sekitar 30 orang diterjunkan di lokasi dibantu personil TNI dari Kodim 0213/Nias membantu warga agar bisa lewat," katanya. Sebelumnya diberitakan, jembatan darurat sebagai penghubung akses jalan dari Kabupaten Nias menuju Kabupaten Nias Selatan itu ambruk ketika truk pengangkut beton untuk pembangunan jembatan di Nias Selatan melintas di atas jembatan.

Beban yang melebihi kekuatan jembatan membuat truk  pengangkut beton jembatan ikut jatuh ke sungai bersama dengan ambruknya jembatan darurat itu.

Baca juga: Bus dan truk diminta hindari jalur alternatif Malalak, Sumbar
Baca juga: Basuki jamin Jembatan Batang Kula Padang bisa dilalui
Baca juga: Sejumlah jembatan di Padang Pariaman ambruk dihantam arus sungai



 

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018