Cabang olahraga saat ini menjadi aset yang berharga dalam membawa nama baik suatu daerah maupun bangsa Indonesia
Cibinong, Jabar, 14/12 (ANTARA News) - Ajang kompetisi olahraga, selain untuk meningkatkan kemampuan diri dalam berprestasi, juga menjadi sarana dalam melestarikan budaya asli di Jawa Barat, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Bogor, Aman Muslihat.

"Salah satunya adalah olahraga pencak silat," katanya di Cibinong, melalui Diskominfo Kabupaten Bogor, Jumat.

Karena itu, kata dia, Festival Pencak Silat Seni Budaya dan Tunggal Baku IPSI tingkat pelajar se- Kabupaten Bogor yang telah diselenggarakan pada 10 Desember 2018, adalah wujud dari sarana meningkatkan prestasi dan melestarikan budaya tersebut.

Festival dan kejuaraan itu diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor melalui Ikatan Persatuan Silat Indonesia (IPSI) darah itu.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Pencak Silat Seni Budaya dan Tunggal Baku IPSI tingkat pelajar Kabupaten Bogor Ida Parida menjelaskan, kegiatan itu diikuti sebanyak 153 peserta dari 20 perguruan pencak silat se-Kabupaten Bogor.

Ajang itu mempertandingkan dua kategori, yakni seni budaya dan tunggal baku.

Ia mengatakan bahwa kejuaran itu juga menjadi ajang silaturahmi perguruan, sarana melatih kesabaran, ketangkasan, dan untuk memperkuat karakter para peserta. 

Dari sisi capaian prestasi, kata dia, melalui ajang itu, diharapkan dapat melahirkan atlet pencak silat muda berbakat.

Sedangkan Plt Kadispora Kabupaten Bogor Aman Muslihat menambahkan bahwa kegiatan itu menjadi peluang bagi para pemuda dan masyarakat Kabupaten Bogor dalam mengembangkan diri melalui olahraga pencak silat.

"Cabang olahraga saat ini menjadi aset yang berharga dalam membawa nama baik suatu daerah maupun bangsa Indonesia," katanya. 

Karena itu, kata dia, kegiatan tersebut harus terus digalakkan untuk melahirkan atlet muda berprestasi.

"Untuk melahirkan atlet muda pencak silat berprestasi kejuaraan dan festival semacam itu perlu diadakan secara berkesinambungan," katanya.

Baca juga: 15 negara ikuti festival pencak silat Jabar

Baca juga: 500 pesilat ramaikan festival pencak silat Jabar

Pewarta: Andi Jauhary
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018