Rencananya, tahun 2019 BNPT akan lebih memberdayakan pada duta damai dunia maya yang ada dan membawa go internasional di tingkat ASEAN, Asia, bahkan dunia."
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 60 duta damai dunia maya baru lahir di Sulawesi Utara memperkuat 756 orang duta yang sudah ada sebelumnya.

Mereka sebelumnya mengikuti Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2018 Provinsi Sulut di Hotel Mercure, Manado, yang ditutup oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, Kamis.  

"Mereka akan bergabung dengan 756 duta damai dunia maya seluruh Indonesia untuk menyebarkan pesan dan konten perdamaian dalam rangka penanggulangan terorisme di dunia maya," kata Hendri dikutip dari siaran pers.

Menurut Hendri, Sulawesi Utara menjadi provinsi terakhir dalam program pencetakan duta damai dunia maya BNPT pada tahun ini.

"Rencananya, tahun 2019 BNPT akan lebih memberdayakan pada duta damai dunia maya yang ada dan membawa go internasional di tingkat ASEAN, Asia, bahkan dunia," kata Hendri.

Pelatihan di Manado selain melahirkan duta baru juga menghasilkan lima website damai, yaitu www.waleleos.dutadamai.id, www.manguni.dutadamai.id, www.mapalus.dutadamai.id, www.tinutuan.dutadamai.id, dan www.paniki.dutadamai.id.

Mengutip hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) tahun 2017, Hendri mengatakan angka pengguna internet mencapai 143,26 juta dari total populasi penduduk Indonesia sebesar 262 juta. Lebih dari 75 persen dari jumlah itu adalah generasi muda. 

Melihat pola kecenderungan penggunaan internet, dunia maya tidak hanya sebagai ruang interaksi komunikasi, tetapi juga sebagai ruang bagi warganet khususnya generasi muda untuk mengakses informasi dan pengetahuan.

"Dalam konteks inilah, saya ingin menegaskan bahwa akan sangat berbahaya apabila pengetahuan dan informasi di dunia maya banyak disesaki dengan konten negatif, hoaks, fitnah, adu domba, dan ajakan kekerasan," kata Hendri.

Oleh karena itu, lanjut Hendri, sangat penting untuk membanjiri dunia maya dengan konten positif sebagai penyeimbang bahkan untuk mengalahkan konten negatif. Duta damai dunia maya merupakan salah satu upaya BNPT ke arah itu.

“Kehadiran para duta damai sebagai mitra BNPT di berbagai daerah kami harapkan mampu memberikan kontribusi besar terhadap apa yang telah kami canangkan untuk menjadikan dunia maya sebagai ruang edukasi dan pencerahan bagi masyarakat sehingga terhindar dari konten dan pesan yang mengajak pada kekerasan dan terorisme," ujar Hendri.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018