Buntok, Kalteng (ANTARA News)-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan `media gathering` dengan sejumlah wartawan di wilayah setempat.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membangun komunikasi antara pihaknya dengan wartawan di daerah ini," Ketua Bawaslu Barito Selatan, Nur Chambyah di Buntok, Senin.

Menurut dia, dalam media gathering ini pihaknya ingin berdiskusi dengan wartawan terkait dengan pelaksanaan pemilu maupun permasalahan politik di Barito Selatan.

Wartawan itu merupakan bagian dari informasi dari setiap tahapan pemilu, kampanye hingga pemungutan suara.

"Kami mengharapkan kepada wartawan di daerah ini agar meliput kegiatan pemilu sesuai dengan kapasitasnya dan juga transparan," katanya.

Dia mengatakan negara demokrasi ada yang namanya Pemilu, dan bagaimana pemilu itu bisa transparan, makanya harus ada sinergi pemerintah, LSM, jurnalis, dan masyarakat.

Semua itu bagian dari komponen pemilu, dan juga harus mengawal pemilu, dan ketika ada menemukan kesalahan wartawan bisa melaporkannya ke Bawaslu sehingga Bawaslu menyikapinya.

"Terkait apakah wartawan itu sebagai pelapor atau tidaknya, maka hal itu akan menjadi temuan Bawaslu," ujarnya.

Sementara Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Barito Selatan, Laily pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas undangan media gathering tersebut.

"Kita berharap kedepannya agar kegiatan seperti bisa dilaksanakan secara berkesinambungan," kata dia.

Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah gelar kegiatan pojok pengawasan
Baca juga: Akademisi: Di luar tim tidak bisa didiskualifikasi
Baca juga: KPU Mukomuko menangi gugatan di Bawaslu
Baca juga: Bawaslu Minahasa Tenggara cermati data pemilih
Baca juga: Bawaslu Jabar fokus awasi praktik politik uang

Pewarta: Bayu Ilmiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018