Peserta SMN Maluku Utara tiba di Jambi

id bumn hadir

Jambi, 15/8 (ANTARA News)- Sebanyak 23 siswa SMA/SMK dan SLB yang tergabung dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Maluku Utara tiba di Jambi dan langsung mengunjungi kantor pusat PTPN 6 di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi, Selasa sore. (gresi p)

Jambi,  (ANTARA News)- Sebanyak 23 siswa SMA/SMK dan SLB yang tergabung dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Maluku Utara tiba di Jambi dan langsung mengunjungi kantor pusat PTPN 6 di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi, Selasa sore.

Sesaat tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi itu, puluhan peserta beserta guru pendamping langsung disambut oleh sejumlah tim PTPN 6 selaku panitia BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Jambi.

Meskipun sempat mengalami keterlambatan keberangkatan dan mundur dari jadwal semula itu, namun puluhan peserta masih tampak riang sesaat setelah menginjakan di tanah "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu.

Setelah dari bandara puluhan peserta SMN itu langsung bertolak ke kantor pusat PTPN6 dan kemudian mereka dibagi ke lokasi rumah orang tua angkat untuk ditinggali selama program tersebut dilaksanakan di Jambi.

Selama di Jambi, para peserta akan tinggal bersama keluarga angkat. Kemudian pada acara puncak seluruh peserta SMN beserta pendampingnya tersebut, akan mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 di salah satu unit usaha PTPN6 (Batanghari/Ness).

Selain itu, para peserta akan memperoleh materi seperti wawasan sosial budaya, pendidikan, entrepreneurship, BUMN dan Nusantara serta akan diperkenalkan dengan adat istiadat, kehidupan sosial masyarakat Jambi.

Tak hanya itu, direncanakan setelah mengikuti upacara Kemerdekaan itu, para peserta juga akan mengunjungi Pabrik dan Perkebunan Teh Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, yang merupakan hamparan perkebuanan teh terluas di dunia yang menjadi salah satu Unit Usaha andalan PTPN6.

SMN yang merupakan salah satu program BHUN yang digulirkan Kementerian BUMN itu adalah untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada 20 orang siswa SMA/SMK dan tiga orang siswa Sekolah Luar Biasa (SLB).

Sebelumnya, PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi, juga telah memberangkatkan 23 peserta SMN asal Jambi.

Para peserta SMN asal Jambi itu juga sebelum diberangkatan ke Maluku Utara diawali dengan berbagai kegiatan pembekalan seperti pemahaman wawasan nasionalisme, seni budaya dan pelatihan penulisan jurnalistik dan media sosial dari Perum LKBN Antara Biro Jambi.

Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar