... bekerja di sana (kabinet) juga bukan untuk kepentingan PAN, tapi kepentingan bangsa secara luas...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekjen DPP PAN, Saleh Daulay, meminta kader PAN yang menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, tidak terpengaruh isu perombakan kabinet. 
   
"Untuk Pak Asman, kami harapkan tidak terpengaruh. Tetap saja bekerja seperti biasa. Toch bekerja di sana (kabinet) juga bukan untuk kepentingan PAN, tapi kepentingan bangsa secara luas," ujar Daulay, dihubungi di Jakarta, Selasa. 
   
Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menginformasikan akan ada perombkan kabinet dalam waktu dekat terhadap menteri yang berasal dari Partai Amanat Nasional. Saat ini satu-satunya menteri dari PAN adalah Abnur, dan PAN memilih untuk menjadi koalisi Prabowo-Sandiaga Uno pada Pemilu 2019.

Hari ini juga ada desakan dari organisasi massa di luar pemerintahan formal untuk mengganti Abnur dari Kabinet Kerja. 

Daulay mengatakan, Abnur memiliki kinerja yang baik. Dia menekankan PAN sejak awal memberikan kader terbaiknya untuk membantu presiden Jokowi.
   
"Dari laporan yang beliau sampaikan ke internal PAN, ada banyak terobosan reformasi birokrasi yang telah dilakukan. Ekspektasinya akan diselesaikan dalam periode ini," kata Daulay. 
   
Dia mengatakan terobosan reformasi birokrasi yang dilakukan Asman tidak hanya terkait penataan SDM, tetapi juga dalam efisiensi penggunaan anggaran. 
 
Dia menyinggung prerogatif presiden tentang banyak hal, termasuk formasi kabinet. "Jadi, jika sewaktu-waktu presiden ingin melakukan pergantian, itu sah-sah saja. Saya yakin kalau Presiden Jokowi masih membutuhkan Pak Asman. Tetapi mungkin karena lingkaran di sekitarnya, bisa saja beliau didesak. Mudah-mudahan keputusannya membawa kebaikan buat semua," katanya. 

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018