Kami akan menambah 125 relawan di halte Transjakarta selama Asian Games
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 125 relawan akan membantu wisatawan asing yang menggunakan layanan bus Transjakarta selama Asian Games di Jakarta 18 Agustus - 2 September 2018.

"Kami akan menambah 125 relawan di halte Transjakarta selama Asian Games," kata Humas PT Transjakarta Wibowo, Jakarta, Selasa.

Wibowo menjelaskan para relawan dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris sehingga bisa membantu wisatawan asing yang menggunakan Transjakarta sebagai moda transportasi.

Para relawan tersebut berasal dari luar/eksternal PT Transjakarta, yang nantinya bertugas di halte-halte bus tertentu.

Ia melanjutkan, jumlah relawan yang disebar di halte bus Transjakarta masih dalam tahap pengkajian.

"Mungkin satu halte terdiri atas dua relawan, mekanismenya sedang dikaji," tambah Wibowo.

Selain itu, pihaknya juga melakukan antisipasi membludaknya penumpang dengan cara penambahan armada bus sebanyak 1.750 dan peningkatan kapasitas halte di Gelora Bung Karno.

Wibowo mengaku optimistis bahwa layanan bus gratis akan efektif dan berhasil mengurangi kemacetan, terutama saat Asian Games.

"Ya, tentu dengan pelaksanaan ganjil-genap juga. Penumpang bus Transjakarta akan meningkat," ujarnya.

Layanan bus Transjakarta gratis dapat dinikmati publik selama 24 jam operasional, yakni pada tanggal 17 Agustus, 18 Agustus, 19 Agustus, 22 Agustus, 25 Agustus, 26 Agustus, 1 September, dan 2 September.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan penambahan bus tersebut guna mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Transjakarta sediakan rute wisata gratis bagi atlet

Baca juga: Bus Transjakarta gratis setiap Sabtu - Minggu selama Asian Games

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018