Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo, Senin, menyaksikan pengucapan sumpah jabatan  Prof Dr Enny Nurbaningsih SH MHum, yang resmi menjabat sebagai Hakim Konstitusi untuk periode 2018-2023.

Pengucapan sumpah Hakim Konstitusi itu dilakukan di hadapan presiden, di Istana Negara Jakarta.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Nurbaningsih diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 134/P/2018 tentang Pengangkatan Hakim Konstitusi.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan untuk memilih yang bersangkutan dari tiga nama yang diajukan Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi.
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) memberi ucapan selamat kepada Hakim Mahkamah Konstitusi Enny Nurbaningsih (kiri) seusai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/8/2018). Guru Besar Tata Negara Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang juga Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham, Enny Nurbaningsih, dilantik menjadi Hakim MK perwakilan pemerintah, menggantikan Maria Farida yang berakhir masa jabatannya. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye/18


Selanjutnya, Nurbaningsih akan langsung bertugas untuk menggantikan Prof Dr Maria Farida Indrati, SH, M Hum selaku Hakim MK perwakilan pemerintah yang masa jabatannya berakhir pada 13 Agustus 2018.

Enny Nurbaningsih memperoleh gelar doktornya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Sebelum ini dirinya merupakan seorang Guru Besar Tata Negara UGM sekaligus Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Selepas prosesi pengucapan sumpah Hakim Konstitusi, Jokowi dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, memberikan ucapan selamat kepada hakim MK yang baru saja diangkat itu untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018