Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melepas kontingen Indonesia ke Asian Games XVIII 2018 Jakarta dan Palembang di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta.
   
"Saudara semuanya adalah putra putri terbaik dari negara ini, dari negara Indonesia dan saudara-saudara mewakili 263 juta penduduk Indonesia," kata Jokowi, dalam sambutannya pada acara itu, Rabu sore.
   
Sebanyak 904 atlet hadir mewakili seluruh atlet Indonesia yang akan terjun di pertandingan Asian Games 2018.
   
Total seluruh tim Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut sebanyak 1.388 orang, terdiri dari 938 atlet, 396 panitia, dan 80 pendukung tim.
   
Presiden mengatakan dengan pelatihan yang dijalani oleh para atlet, maka Indonesia yakin dapat meraih medali emas sebanyak-banyaknya dalam kejuaraan.
   
"Targetnya jelas, masuk 10 besar. Emas yang kita dapatkan juga jelas tadi minimal 16, artinya kalau tambah banyak boleh, kurang satu pun tidak boleh," ujar Jokowi.
   
Jokowi juga beberapa kali meninjau pelatihan sejumlah atlet dalam beberapa cabang olahraga seperti pencak silat, jetski, skateboard dan dayung.
   
Presiden berpesan kepada para atlet untuk menjaga nama baik bangsa dan bertanding secara jujur.
   
Asian Games 2018 akan dilaksanakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di dua kota yaitu DKI Jakarta dan Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018