Jakarta (ANTARA News) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam menilai nama Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pantas masuk ke "kantong" Presiden Joko Widodo sebagai calon wapres karena Cak Imin merupakan pemimpin muda yang santun, cerdas, dan memiliki banyak pengalaman.

"Pantas Jokowi `mengantongi` nama Cak Imin, dan itu yang keluar menurut hitung-hitungan saya. Karena jika tidak, Cak Imin ini bisa diambil capres yang lain, dan ini ancaman berat bagi Jokowi jika tidak mengambil Cak Imin," kata Husain menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang menyebutkan Cak Imin sebagai salah satu kandidat bakal cawapresnya pada Pilpres 2019, di Jakarta, Minggu.

Profesor Husain Syam optimistis elektabilitas Jokowi jelas akan naik lagi setelah mengumumkan bahwa bakal cawapresnya adalah Cak Imin.

Karena, lanjut dia, Cak Imin hampir mempunyai segalanya dibandingkan dengan bakal cawapres yang ditawarkan partai lainnya.

"Cak Imin itu puya semuanya, baik dari aspek kepemimpinan, pernah menjadi menteri, memimpin partai, dan punya basis massa yang jelas. NU ini mayoritas dan hampir semua kiai pesantren NU itu menyatukan sikap ke Cak Imin," ucapnya.

Bahkan, lanjut Husain, masyarakat di Sulawesi saat ini juga sudah mulai bergeser untuk mendukung Cak Imin dan hampir semua titik di Sulawesi itu banyak yang membuat posko dukungan terhadap Cak Imin.

"Itu memang karena Cak Imin adalah talenta muda yang cerdas, yang santun. Dia itu berpoitik santun, tidak melukai perasaan siap-siapa, tegas, dan bisa mengukur kekuatannya," tuturnya.

Baca juga: Nasdem sepakat siapa pun cawapres Jokowi

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyebut Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin termasuk dalam pilihan sebagai bakal calon wakil presidennya.

"Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar," kata Presiden seusai meninjau arena olahraga dayung bersama Cak Imin, di Jakabaring Sport City, Sabtu (14/7).

Presiden menjelaskan bahwa dirinya masih menimbang salah satu dari lima tokoh yang akan mendampinginya sebagai wakil presiden pada Pilpres 2019.

Baca juga: Cak Imin termasuk pilihan cawapres kata Jokowi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018