Surabaya (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya siap mengawal dan mengamankan keberangkatan jamaah calon haji di wilayah Embarkasi Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi Bambang Sukmo Wibowo kepada wartawan di Surabaya, Minggu, mengatakan Polrestabes Surabaya mengerahkan 25 personel selama masa pemberangkatan jamaah calon haji hingga pemulangan di Embarkasi Surabaya, mulai 16 Juli hingga 25 September.

"Pengamanan terdiri dari 25 personel dari Polrestabes Surabaya, 15 personel dari Kepolisian Sektor jajaran, dibantu 15 personel dari Kepolisian Daerah Jawa Timur," katanya.

Dia menjelaskan pengamanan jamaah nantinya terbagi tiga ring. Ring pertama adalah pengamanan di pintu utama akses keluar-masuk jamaah calon haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Ring kedua meliputi pengamanan dari area parkir bus di Asrama Haji Sukolilo Surabaya hingga ruang yang digunakan untuk pemeriksaan orang, dokumen dan barang.

"Ring ketiga adalah pengawalan ketika rombongan jamaah calon haji dari daerah memasuki Kota Surabaya sampai masuk Asrama Haji Surabaya," tuturnya.

Embarkasi Surabaya akan melayani keberangkatan 37.055 calon jamaah haji asal provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur. 35.270 di antaranya adalah calon jamaah haji dari Jawa Timur, 700 dari Bali dan 670 dari Nusa Tenggara Timur, dengan total petugas kelompok terbang atau kloter berjumlah 415 orang.

Tiga kloter pertama Embarkasi Surabaya berasal dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur, dijadwalkan akan mengawali masuk Asrama Haji Surabaya pada tanggal 16 Juli untuk kemudian diberangkatkan ke Tanah Suci pada 17 Juli.

Keberangkatan terakhir Embarkasi Surabaya menuju tanah suci pada 15 Agustus. Sedangkan kedatangan pertama dari tanah suci di Debarkasi Surabaya dijadwalkan pada tanggal 26 Agustus, serta kedatangan terakhir pada tanggal 25 September.

Baca juga: Aplikasi Haji Pintar sajikan sejumlah layanan
Baca juga: Jamaah haji Pakistan akan tiba pertama di Madinah
Baca juga: Menkes terus ingatkan jamaah jaga kesehatan

(KR-SAS/C004)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Hanif
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018