Lombok Utara (ANTARA News) - Rumah atlet peraih mendali emas kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri, di Dusun Pansor, Desa Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara pada Sabtu pagi mulai dibongkar oleh sejumlah personel TNI dibantu warga, untuk diperbaiki.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, menyampaikan pembongkaran tersebut dilakukan berdasarkan hasil koordinasi pihaknya bersama keluarga Lalu Muhammad Zohri.

"Alhamdulillah keluarganya semalam (Jumat, red) mengijinkan dan merestui perehaban," katanya saat berada di rumah Lalu Muhammad Zohri, Sabtu.

Namun sambungnya, perehaban ini tidak mengubah konsep aslinya dengan tetap menggunakan kayu dan atapnya menggunakan genteng sesuai permintaan dari pihak keluarga sehingga tidak merubah kesan aslinya.

"Cuma konsep bangunananya yang akan kami lebarkan 1 meter ke belakang supaya lebih luas dengan atap naik menjadi menjadi 3 meter agar lebih nyaman," ujar Rizal.

Dilanjutkannya, di dalam ruangan akan di pasang keramik, dibuatkan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur yang sebelumnya belum ada kamar mandi dan dapur dengan harapan sekembalinya nanti lebih bisa meningkatkan prestasinya di tingkat internasional.

Terkait seluruh biaya kata Rizal, Alhamdulillah sudah banyak donasi dari seluruh Indonesia dan juga banyak yang sudah menghubungi TNI untuk membantu, salah satunya PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) di wilayah NTB.?

"Jumlah anggaran perehaban rumah masih dihitung oleh Danden Zibang 2/IX Mataram dan direncanakan satu bulan kedepan sudah selesai karena dibantu masyarakat dan steakholder yang lain," terangnya.

Baca juga: Zohri ditawari menjadi polisi melalui jalur khusus

Selain perehaban rumah tambah Rizal, juga akan dilakukan perabatan jalan. "Kami juga akan mengerjakan fasilitas umum berupa perabatan jalan sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan agar nyaman digunakan oleh masyarakat dan anak-anak juga bisa bermain dengan aman," tandas Rizal.

Selain personel TNI yang melaksanakan pembongkaran dan perehaban, terlihat juga dilokasi anggota PLN untuk membantu memasang lampu jalan dan dari BPN untuk mengukur luas tanah milik keluarga Lalu Muhammad Zohri dalam rangka pembuatan sertifikat.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri yang meraih gelar juara dunia lari 100 meter putra U-20.

Baca juga: Kemarin Presiden perintahkan renovasi rumah Zohri, Kapolres Ketapang dicopot

"Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Terlebih lagi, kita dapat melihat bagaimana Zohri tidaklah diperhitungkan sama sekali. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk merenovasi rumah Zohri di Lombok," kata Presiden Joko Widodo dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Zohri pada berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik dalam Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu malam (11/7) waktu setempat.

"Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat," demikian disebutkan dalam pernyataan tertulis tersebut.

Baca juga: Susul Zohri, atlet wushu berhasil kumandangkan lagu RI di Brazil

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018