Situbondo (ANTARA News) - Kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada Sabtu siang sempat macetkan Jalur Pantura yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

"Kebakaran hutan di Kawasan Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyuputih memang sempat mengakibatkan arus lalu lintas macet beberapa saat karena selain asap, api juga merembet ke tepi jalan raya," kata Ipda Pol Suratman, salah seorang petugas Polsek Banyuputih di lokasi sekitar lokasi kebakaran hutan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo.

Kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas di sekitar lokasi kebakaran tepatnya di kilometer 234 arah Surabaya, lanjut dia, sempat diberhentikan karena khawatir api yang menjalar ke tepi jalan menyambar pengendara.

Tidak lama kemudian, katanya, arus lalu lintas di Jalur Pantura Hutan Baluran Situbondo kembali lancar setelah petugas gabungan memadamkan api menggunakan ranting pohon dan dibantu pemadam kebakaran milik Pemkab setempat.

Dari pantauan, petugas gabungan dari TNI, Kepolisian Sektor (Polsek) Banyuputih, Perhutani, Polhut Taman Nasional Baluran, petugas Puslatpur Marinir Karang Tekok dan relawan peduli api berusaha memadamkan api.

Relawan setempat juga sempat menghadang truk tangki bermuatan bahan bakar minyak premium sebelum melintas di lokasi kebakaran, karena khawatir terkena api yang membakar ranting dan daun pohon jati yang kering di tepi jalan.

Kebakaran hutan yang terjadi di Blok T-12 di Kawasan Taman Nasional Baluran ini diperkirakan mencapai kurang lebih enam hektare.

Data diperoleh, kebakaran hutan terjadi sejak pukul 10.00 WIB dan api dapat dipadamkan pada pukul 12.40 WIB setelah petugas berhasil memadamkan api.

Pewarta: Zumrotun Solichah dan Novi Husdinariyanto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018