Perlu ada kerendahan hati dari seluruh elemen bangsa Indonesia untuk mengakui hasil kerja Pemerintah saat ini."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Departemen Pengawasan Pembangunan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golongan Karya (Golkar) Mukhamad Misbakhun menilai mudik Lebaran 2018 menjadi makin lancar karena gencarnya pembangunan infrastruktur selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kelancaran para pemudik, terutama di Pulau Jawa, membuat waktu tempuh antarkota dan antardaerah di Pulau Jawa menjadi lebuh singkat," catatnya melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Anggota Komisi XI DPR RI itu menegaskan, kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi yang menggenjot pembangunan infrastruktur selama dua tahun ini telah memberikan efek luar biasa, yang manfaatnya dirasakan langsung para pemudik melalui jalur darat di Pulau Jawa.

"Mudik lebaran tahun 2018 di Pulau Jawa menjadi sangat lancar dan minim kendala," katanya.

Baca juga: DPR simpulkan pemerintah sudah siap kelola mudik

Menurut dia, faktor kunci kelancaran arus mudik lebaran sampai sehari menjelang (H-1) Idul Fitri 1439 Hijriyah atau Kamis adalah pembangunan infrastruktur jalan tol yang saling menyambung pada ruas jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa.

Kelancaran arus mudik Lebaran 2018, dinilainya, menjadi sangat fenomenal dan dipuji para pemudik, meskipun masih ada ruas jalan padat merayap, tapi masih bisa diurai, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya setiap musim mudik Lebaran selalu terjadi kemacetan dari kota ke kota.

Dalam mudik Lebaran kali ini, dikemukakannya, arus lalu lintas sangat lancar, meskipun masih ada ruas jalan padat merayap, tapi masih bisa diurai.

"Ruas jalan tol, meskipun belum seluruhnya selesai 100 persen, tapi beberapa ruas tol sudah dioperasikan sebagai jalan tol fungsional, dan dapat membantu mengurai kemacetan di beberapa daerah," katanya.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur II, yakni Kota/Kabupaten Pasuruan dan Kota/Kabupaten Probolinggo, menilai bahwa pembangunan jalan tol yang begitu masif menunjukkan Presiden Jokowi bekerja untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Kini, siapa pun bisa menikmati hasil kerja keras pemerintahan Presiden Jokowi. Perlu ada kerendahan hati dari seluruh elemen bangsa Indonesia untuk mengakui hasil kerja Pemerintah saat ini," katanya.

Baca juga: Tol Salatiga-Colomadu bisa digunakan pemudik mulai H-7

Misbakhun juga memuji proses pembangunan infrastruktur yang dikerjakan oleh badan usaha milik negara (BUMN) infrastruktur yang secara masif dan tidak menimbulkan skandal besar.

"Pembangunan jalan tol ini juga  tidak ada keterlibatan keluarga Pak Jokowi. Ini menjadi poin besar pada transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan proyek infrastruktur,” ujarnya.

Ia menimpali, "Transparansi tersebut dibuktikan dari hasil audit BPK untuk laporan keuangan Pemerintah Pusat yang memberikan opini WTP, wajar tanpa pengecualian, selama dua tahun berturut-turut."

Misbakhun juga memuji kerja sama berbagai pihak sehingga proses mudik Lebaran tahun 2018 semakin lancar, terutama Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Polri, PT Jasa Marga, dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: Waskita optimalkan Trans Jawa untuk jalur mudik

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018