Jakarta (ANTARA News) - Dorong peningkatan transaksi nontunai di sektor transportasi, Bank DKI menjalin kerja sama dengan pengelola Kereta Bandara Soekarno Hatta, PT Railink, melalui penyediaan produk kartu untuk pembelian tiket regular dan "Personal Frequent Rider".

"Nasabah Bank DKI pemegang kartu ATM Kombo (ATM yang juga memiliki fungsi JakCard) dan juga pemegang kartu JakCard kini dapat melakukan transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan Personal Frequent Rider," kata Direktur Bisnis Bank DKI, Antonius Widodo Mulyono dalam siaran persnya di Jakarta, Senin.

Penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan kartu prabayar bagi pengguna kereta api bandara Soekarno Hatta tersebut dilakukan antara PT Railink dengan enam bank termasuk Bank DKI di Jakarta, Kamis (7/6).

Antonius Widodo menuturkan bahwa Bank DKI memiliki pengalaman terkait sistem pembayaran di sektor transportasi dimana JakCard juga sudah dipergunakan di angkutan umum yang dikelola Transjakarta.

Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di kawasan wisata Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, Museum Seni & Keramik dan pembayaran parkir meter.

Ia menyampaikan pengguna transportasi kereta bandara cukup mudah menggunakan kartu tersebut. "Dengan menggunakan teknologi contactless-chip, pengguna kereta bandara cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca (contactless card reader)," katanya.

Hingga April 2018, sudah ada sekitar 781 ribu pemegang kartu JakCard dengan nilai transaksi mencapai Rp15,6 miliar.

Ia mengharapkan kerja sama tersebut bisa memberi kenyamanan, kemudahan bagi penumpang kereta bandara dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. "Kerja sama ini merupakan salah satu implementasi visi perusahaan untuk menjadi bank regional modern dan bernlai tinggi yang menjaga keseimbangan antara keuntungan dan pembangunan Jakarta," tambahnya.

Seperti diketahui, Railink telah mengoperasikan KA Bandara untuk umum pada 26 Desember 2017. KA Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru di kawasan Jakarta Pusat, dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang, dengan waktu tempuh 55 menit. Dalam waktu dekat, waktu tempuhnya akan dipersingkat menjadi 40 menit, dan rute layanannya diperpanjang hingga ke Bekasi.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018