Banjarmasin (ANTARA News) - Mabes Polri dipastikan segera menggelar upacara pengukuhan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana untuk naik pangkat menjadi jenderal polisi bintang dua atau Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

"Perintah pengukuhan dan pengangkatan bapak Kapolda tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1504/VI/KEP/2018 tanggal 7 Juni 2018," terang Kabid Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifai di Banjarmasin, Jumat.

Dia menjelaskan, kini tinggal menunggu jadwal dari pimpinan Polri untuk mengagendakan upacara pengukuhan tersebut di Jakarta.

Selain Kapolda yang naik pangkat menjadi tingkat kedua perwira tinggi di Polri, Wakapolda Kalsel Kombes Pol Nasri juga bakal dikukuhkan berpangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) sesuai dengan pola kepangkatan untuk Polda Tipe A yang kini disandang Polda Kalsel.

Dalam Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani Karo Binkar Brigjen Pol Dr Eko Indra Heri itu, seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Kalsel serta para Kapolres juga turut dikukuhkan.

Dimana kepangkatan PJU nantinya dari yang sebelumnya ada hanya pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) naik menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Adapun nama baru yang masuk, diantaranya AKBP Edy Suwandono dari jabatan sebelumnya Wadir Reskrimsus Polda Kepri bakal mengisi Kabid Propam Polda Kalsel menggantikanAKBP Decky Hendarsono yang bergeser sebagai Wadir Intelkam Polda Kalsel.

Kemudian Dir Tahti AKBP Samto dimutasi menjadi Pamen Polda Kalsel digantikan AKBP I Nyoman Suparsa yang sebelumnya Kabid TI Polda Kalsel.

Sementara posisi kosong di Kabid TI bakal diisi AKBP Widiatmoko yang sebelumnya Wadir Binmas Polda NTB.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018