Fuzhou, China (ANTARA News) - Media Grup Fujian, China, mendorong kerja sama operasional dan pertukaran berita khususnya berkaitan dengan kebudayaan untuk memperkuat hubungan antar masyarakat kedua negara.

General Manajer Media Grup Fujian Zhuang Zhisong ketika menerima perwakilan sejumlah awak media dari Bali di Fuzhou, Provinsi Fujian, Sabtu, mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah media mancanegara termasuk di Indonesia.

Ia mengakui kerja sama saat ini masih belum begitu banyak dan hanya fokus dilakukan untuk publikasi berita berbahasa mandarin.

Zhuang mengatakan kerja sama penting dilakukan mengingat Indonesia dengan Tiongkok khususnya dengan Fujian memiliki kaitan erat karena banyak warga keturunan Tionghoa di Indonesia berasal dari provinsi tersebut.

"Bahkan sebelum berdikari, mereka sudah ada di sana (Indonesia)," ucapnya.

Pihaknya mendukung program pemerintah setempat untuk mengembangkan jalur sutera maritim salah satunya dengan Indonesia.

"Jadi jalur sutera maritim tidak hanya perdagangan tetapi juga pertukaran kebudayaan," ujar dia.

Media Grup Fujian merupakan media milik pemerintah yang terletak di kawasan strategis kota Fuzhou, ibukota Provinsi Fujian atau berada di sekitar Sungai Minjiang.

Grup itu menggabungkan penyiaran radio, televisi dan produksi film dengan total staf mencapai sekitar 4.000 orang dengan jumlah perusahaan yang tergabung mencapai sekitar 20 perusahaan.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018