Gunung Kidul (ANTARA News) - Tim pencarian dan penyelamatan Koordinasi Wilayah II Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengingatkan wisatawan dan nelayan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang akan terjadi hingga Senin (23/4).

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul, Surisdiyanto di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan pagi ini ketinggian gelombang sudah terlihat meningkat.

"Dari laporan yang diterimanya gelombang akan mengalami kenaikan antara 3 sampai 4,5 meter. Saat ini sudah nampak peningkatan gelombang," katanya.

Ia mengatakan gelombang tinggi diperkirakan akan meningkat lebih tinggi mulai tengah hari nanti hingga tengah malam nanti atau Senin (23/4) dini hari. "Kami menyiapkan personel SAR mengantisipasi kecelakaan laut," katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul, Marjono menyampaikan terkait cuaca buruk akhir-akhir ini pihaknya sudah menghimbau nelayan untuk mewaspadainya. Hujan deras dan angin kencang dari barat menjadi penyebab derasnya arus laut, kenaikan gelombang.

"Nelayan sudah kami beritahu terkait cuaca dan gelombang tinggi. Kami berharap nelayan memahami situasa saat ini," katanya.

Dia mengakui nelayan lebih memilih untuk melaut pada siang hari karena cuaca buruk terjadi sore hingga malam hari. "Kalau nekat melaut pada malam hari biasanya hasil tangkapan minim, dan memang cuaca sedang kurang baik," katanya.

Marjono mengatakan, pihaknya mengingatkan nelayan untuk membawa pelampung saat mencari ikan. "Nelayan kami imbau untuk membawa pelampung. Kami imbau agar tetap waspada karena cuaca seringkali tidak dapat ditebak," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018