Bantuan seperangkat gamelan dari Presiden bertujuan, agar nanti siswa belajarnya di sekolah."
Cirebon (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan memeberikan gamelan bagi dua sekolah yang siswanya menjadi korban ambruk gedung tua sarang burung walet menimpa sanggar seni di Cirebon, Jawa Barat.

"Presiden akan memberikan bantuan kepada dua sekolah, yaitu SMPN 1 Gegesik dan SMPN 3 Gegesik, yang siswanya menjadi korban," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di Cirebon, Rabu.

Presiden kata Muhadjir, turut berbelasungkawa atas kejadian ambruknya gedung tua sarang burung walet yabg menyebabkan tujuh orang meninggal dunia.

Dengan adanya bantuan ini lanjut Muhadjir, diharapkan para pelajar atau siswa bisa belajar kesenian langsung di sekolahnya.

"Bantuan seperangkat gamelan dari Presiden bertujuan, agar nanti siswa belajarnya di sekolah," ujarnya.

Selain dua sekolah tersebut Pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada sanggar yang kemarin rusak parah akibat ambruk diterjang tembok sarang walet yang roboh.

"Sudah kita putuskan sanggar akan kita bangun lagi yang lebih presentatif dan alat-alat yang rusak akan kita ganti," tuturnya.

"Yang penting sanggar ini harus berlanjut dan bisa berkembang lebih baik sesuai amanah dari dalang Herman yang akan kita lanjutkan," lanjutnya.

Muhadjir menambahkan sanggar seni dan lainnya merupakan salah satu program pemerintah yang mencanangkan untuk kembali mempelajari tradisi dan kebudayaan di daerahnya masing-masing.

"Dan tentunya ketika sanggar ini ada, maka seni dan tradiai daerah masih bisa dijaga, jangan sampai tecabut dari akar budaya," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018