Kami ingin Kepulauan Seribu maju seperti daerah-daerah lain yang ada di wilayah Jakarta, karena Kepulauan Seribu itu bukan lagi halaman belakang...
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memperbaiki infrastruktur listrik dan menghadirkan energi baru terbarukan di Kepulauan Seribu untuk memenuhi kebutuhan warga dan mendukung pengembangan pariwisata dalam upaya menjadikan daerah itu sebagai "beranda depan" provinsi, bukan lagi "halaman belakang".

"Kami akan bersinergi dengan salah satu BUMD DKI, yakni PT Jakpro Utilitas dalam menyiapkan kebutuhan tenaga listrik untuk kebutuhan masyarakat dan obyek-obyek wisata di Kepulauan Seribu," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa, saat menyampaikan pengarahan dalam Forum Group Discussion PT Jakarta Utilitas Propertindo mengenai Proyeksi Kebutuhan Listrik di Kepulauan Seribu.

"Kami ingin Kepulauan Seribu maju seperti daerah-daerah lain yang ada di wilayah Jakarta, karena Kepulauan Seribu itu bukan lagi halaman belakang, tetapi beranda terdepan Pemprov DKI Jakarta," ia menambahkan.

Di Kepulauan Seribu, ia menjelaskan, saat ini sudah ada kabel listrik bawah laut sepanjang 75 kilometer namun itu belum cukup untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik, ditambah pemanfaatannya belum optimal.

Ia mengatakan bahwa Kepulauan Seribu memiliki 105 pulau namun baru 16 pulau yang teraliri listrik. Warga Pulau Sebira termasuk yang belum bisa menikmati pasokan listrik selama 24 jam. Mereka sementara menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

"Oleh karena itu, kedepannya kita harus sudah bisa memberikan solusi berupa EBT. Dengan adanya EBT, maka energi listruk bisa menjangkau sampai ke wilayah Kepulauan Seribu yang paling ujung, yaitu Pulau Sebira," tutur Sandiaga.

Penambahan jaringan dan peningkatan pasokan listrik di Kepulauan Seribu, dia mengatakan, antara lain akan mendorong peningkatan industri skala rumah tangga dan perbaikan layanan pendidikan.

"Perlu diingat pula bahwa pengadaan kebutuhan listrik di Kepulauan Seribu juga dalam rangka menyambut perhelatan event olah raga akbar Asian Games 2018," demikian Sandiaga Uno.

Baca juga:
DKI ingin Kepulauan Seribu jadi "digital island"

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018