Tabanan, Bali (ANTARA News) - Sebanyak 8.310 wisatawan domestik dan mancanegara memilih berlibur ke objek wisata Tanah Lot, di Kabupaten Tabanan, Bali, sehari setelah libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 atau Ngembak Geni.

Manajer Operasional DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana saat dihubungi di Denpasar, Senin, mengatakan wisatawan yang datang ke objek wisata ini karena ingin menikmati panorama pura di atas tebing yang indah saat matahari terbenam pada sore hari.

"Dari total data kunjungan wisatawan pada Minggu (18/3), untuk wisatawan mancanegara 4.447 orang dan wisatawan domestik sebanyak 3.863 orang," ujarnya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ke Tanah Lot setelah berlangsungnya Hari Suci Nyepi cenderung normal seperti hari biasanya, karena total kunjungan wisatawan asing dan lokal ke objek wisata yang dikenal hingga penjuru dunia itu rata-rata mencapai 7.000 hingga 8.000 orang per harinya.

"Kalau kunjungan wisatawan ke Tanah Lot dikatakan ramai, bisanya kisaran angka 10.000 orang lebih per harinya," ujarnya.

Ia merinci, dari total 4.447 orang wisatawan mancanegara yang melancong ke objek wisata Tanah Lot, terbagi atas pengunjung dewasa 4.344 orang dan 103 (anak-anak).

Sedangkan, dari total kunjungan 3.863 orang wisatawan domestik terdiri atas atas pengunjung dewasa 3.687 orang dan 179 anak-anak. "Kami telah merancang pada akhir Maret 2018 atau awal April 2018, untuk melakukan promosi wisata Tanah Lot ini," katanya.

Sebelumnya, Minggu (18/3) sore, suasana objek wisata Tanah Lot tampak dipadati ribuan pelancong yang terlihat asyik ber-swafoto dengan latar pemandangan pura setempat yang sangat indah untuk diabadikan saat matahari mulai tebenam.

Tampak juga wisatawan domestik bersantai di sekitar taman dekat area Pura Enjung Galuh itu sambil membawa bekal yang dibawa dari rumah atau dibeli di sekitar area objek wisata setempat.

Sebelum masuk ke kawasan objek wisata itu, wisatawan harus membeli tiket terlebih dahulu di loket yang dikelola DTW Tanah Lot dengan harga tiket masuk wisatawan domestik anak-anak dikenakan biaya Rp15.000 per orang dan Rp20.000 per orang untuk dewasa.

Untuk wisatawan mancanegara, harga tiket masuk dikenakan tarif untuk dewasa Rp60.000 dan anaka-anak Rp30.000 per orang. Untuk tiket masuk mobil roda empat dikenakan biaya Rp5.000 per unit, bus pariwisata Rp10.000 dan sepeda motor Rp3.000 per unitnya.

Baca juga: Tanah Lot targetkan kunjungan 2 juta wisatawan
Baca juga: Kapolda Bali nyatakan perayaan Nyepi berlangsung kondusif

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018