Kami minta KPK mempertahankan ini dan meningkatkannya dalam hari-hari ke depan
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah baik dan berharap lembaga anti-korupsi itu terus berusaha memperbaiki kinerjanya.

"Kinerja KPK sudah baik tetapi kami harap lebih baik ke depan dalam rangka menangani pemberantasan korupsi," kata Bambang di gedung KPK, Jakarta, Senin, usai menghadiri peluncuran Laporan Tahunan KPK dan acara "KPK Mendengar".

"Kami DPR memberikan apresiasi yang luar biasa ke KPK yang telah memulai menyampaikan laporan secara terbuka melalui pertemuan publik dan juga KPK menggelar 'KPK Mendengar'," kata dia.

"Komisi III juga memberikan banyak masukan, kritik yang membangun tentunya dan kami minta KPK mempertahankan ini dan meningkatkannya dalam hari-hari ke depan."

Bambang pun menjelaskan upayanya memperbaiki hubungan DPR dengan KPK setelah dilantik menjadi Ketua DPR.

"Jadi, memang waktu saya tidak banyak untuk memperbaiki DPR, meningkatkan citra dan kepercayaan publik masyarakat terhadap DPR, salah satunya yang menyebabkan DPR selalu diserang oleh publik adalah hubungan yang buruk dengan KPK, makanya langkah pertama ketika saya dilantik adalah memperbaiki hubungan dengan KPK," katanya.

Upaya itu, menurut dia, antara lain dilakukan dengan mempercepat penyelesaian penerapan Hak Angket terhadap KPK dengan memberikan masukan yang baik ke lembaga tersebut.

"Nah ke depan tentu hubungan ini harus kita pertahankan karena pemberantasan korupsi tidak hanya dilakukan oleh KPK tetapi oleh semua stakeholder di Republik ini, termasuk juga DPR," katanya.

"Jadi, kami sama-sama menyadari bahwa kami harus bergandengan tangan untuk menuju Indonesia bebas korupsi," ujarnya.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan lembaga mengundang pemangku kepentingan dari lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif pada peluncuran laporan tahunan KPK dan ajang "KPK Mendengar".

"Tujuan kita adalah untuk komunikasi dan silaturahmi. Oleh karena itu, tadi kami lebih banyak mendengar, lebih banyak mendengar masukan dari beliau-beliau baik dari legislatif, eksekutif maupun yudikatif," kata Agus.

Baca juga: Pansus temukan empat poin terkait kinerja KPK

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018