Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang biasa disapa Aher akan mendampingi Presiden Joko Widodo yang akan mencanangkan Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis pagi ini.

"Agenda Gubernur Jabar, Kamis 22 Februari 2018, jam 08.30 mendampingi Presiden mulai penjemputan dari Husen terus menuju Cisanti," kata Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat.

Situ Cisanti adalah hulu Sungai Citarum dan pencanangan ini sekaligus menjadi payung hukum untuk program dan kegiatan integral di Sungai Citarum.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Anang Sudarna mengatakan dalam pencanangan itu, Presiden Jokowi akan melakukan penanaman secara simbolis diikuti penanaman 1.000 pohon oleh masyarakat tani.

Pada acaraitu juga akan digelar dialog publik dan pameran yang diisi pemangku kepentingan yang terlibat langsung dalam pengelolaan Sungai Citarum.

"Kegiatan massal diperlukan untuk membangun kembali semangat menjaga lingkungan dan menumbuhkan budaya cinta sungai. Akan hadir sekitar 3.000 orang dari kalangan pemerintah, baik pusat, provinsi, hingga kabupaten. Juga kalangan industri, tokoh masyarakat, penggiat lingkungan hidup, dan akademisi," kata Anang.

Baca juga: Presiden Jokowi akan canangkan penanggulangan kerusakan DAS Citarum dan Ahmad Heryawan minta mahasiswa ITB teliti Sungai Citarum

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018