Jayapura (ANTARA News) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional XX Provinsi Papua mendatangkan koki profesional (masterchef) yang juga pakar kuliner Indonesia Wiliam Wongso untuk menyusun dan merencanakan konsumsi di masing-masing klaster penyelenggara PON 2020.

Yusuf Yambe Yabdi Sekretaris PB PON XX Papua, di Jayapura, Rabu, mengatakan dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional di Bumi Cenderawasih terdapat 14 bidang, di mana salah satunya adalah konsumsi.

"Bidang ini sangat kompleks dan juga mempunyai tantangan tersendiri karena harus mendistribusikan konsumsi hingga ke cabang olahraga di masing-masing klaster," katanya.

Menurut Yusuf, oleh karena itu, PB PON merasa perlu menyiapkan manajemennya, sehingga pihaknya perlu konsultan yang akan mengarahkan kiat-kiat suksesnya konsumsi pada pelaksanaan PON ke depan.

"Dengan kedatangan Masterchef Wiliam Wongso ini, kami mengharapkan dari pengalamannya bisa membantu Papua selama penyelenggaraan iven empat tahunan tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya harus menghitung secara baik konsumsi tersebut, karena akan memberi makan atlet dan official kurang lebih enam puluh ribu orang selama pelaksanaan PON dan Peparnas.

Senada dengan Yusuf Yambe Yabdi, Wiliam Wongso koki profesional (masterchef) yang juga pakar kuliner Indonesia mengatakan dalam pengadaan bahan baku pangan sangat perlu dihitung dengan baik, karena harus menghitung logistik maupun proses pengelolaan.

"Pasalnya, memberi makan atlet tidak boleh sembarangan, jika atlet ada apa-apa dengan makannya, tentu bidang konsumsi yang disalahkan," tambahnya.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018