Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca dan meminta masyarakat di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan untuk mewaspadai hujan angin.

Dikutip dari akun Twitter BPBD DKI Jakarta pada Kamis, kemungkinan hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akan terjadi antara siang hingga menjelang malam hari.






Intensitas hujan ekstrim di wilayah Bogor pada Senin (5/2) menyebabkan tinggi muka air di Bendung Katulampa mengalami peningkatan hingga 220 sentimeter dengan status Siaga I sehingga sejumlah wilayah di DKI Jakarta terdampak banjir.

Menurut infografis yang dikeluarkan BPBD DKI Jakarta, sejak Senin (5/2) hingga Rabu (7/2), keseluruhan wilayah yang terdampak banjir ada di 13 kecamatan, 22 kelurahan dan 71 rukun warga di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Hingga Rabu (7/2) pukul 18.00 WIB, wilayah dengan pengungsi terbanyak adalah Kelurahan Rawa Jati yang mencapai 2.008 jiwa.

Untuk menangani banjir tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengerahkan 421 unit pompa di 145 lokasi.

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tetap waspada terhadap kemungkinan banjir karena Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem akan berlangsung hingga Jumat (16/2). 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018