Jakarta (ANTARA News) - KPK periksa Setya Novanto sebagai saksi, Presiden Jokowi punya alasan khusus untuk tetap ke Afghanistan, fakta baru Siti Aisyah terungkap, LAPAN jelaskan tentang fenomena Super Blue Blood Moon 2018, hingga penghasilan tukang becak naik sejak adanya rencana izin operasi.

1. KPK periksa Setya Novanto sebagai saksi
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi dalam proyek pengadaan paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP-elektronik).

Terdakwa perkara korupsi KTP-elektronik itu sudah tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan pada Selasa, namun tidak menyampaikan keterangan apa pun perihal pemeriksaannya.

"Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Baca beritanya di sini.

2. Presiden Jokowi punya alasan khusus untuk tetap ke Afghanistan
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dinilai mempunyai alasan khusus tersendiri untuk tetap ke Afghanistan meskipun terjadi insiden ledakan bom yang menewaskan lebih dari 100 orang sebelumnya di Kabul, Afghanistan.

"Pak Presiden ingin menunjukkan pada dunia, juga pada Afghanistan mengenai komitmen Pemerintah Indonesia untuk ikut mengambil bagian dalam kaitan dengan perdamaian di Afghanistan," kata Staf Khusus Presiden Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Presiden Jokowi tolak pakai rompi anti-peluru di Afghanistan

3. Sidang Kim Jong-nam: fakta baru Siti Aisyah terungkap
Kuala Lumpur (ANTARA News) - WNI bernama Siti Aisyah yang dituduh membunuh Kim Jong-nam, kakak pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, telah disewa untuk acara reality-show iseng televisi sebulan sebelum pembunuhan terjadi, kata pengacaranya kepada hakim pengadilan seperti dikutip Reuters.

Siti Aisyah bersama Doan Thi Huong dari Vietnam dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan mengoleskan VX, racun kimia terlarang di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari tahun lalu.

Pengacara mengatakan bahwa kedua wanita mengira tengah mengisi reality-show iseng televisi dan sama sekali tak tahu mereka sedang meracuni Kim.

Selengkapnya di sini.

4. Penjelasan LAPAN tentang fenomena Super Blue Blood Moon 2018
Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Jamaluddin, pada Selasa (30/1/2018), menjelaskan mengenai fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 dan kerap disebut-sebut sebagai Super Blue Blood Moon.

Beritanya  di sini.

5. Penghasilan tukang becak naik sejak adanya rencana izin operasi
Jakarta (ANTARA News) - Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatur dan mengizinkan becak beroperasi di lokasi tertentu di wilayah Ibu Kota menuai tanggapan positif dari para penarik kendaraan kayuh roda tiga itu.

Walaupun rencana itu masih sebatas wacana, namun para pengayuh becak mengaku sudah mendapatkan kenaikan penghasilan.

Pengayuh becak di Pasar Koja, Jakarta Utara, Muhalim, mengatakan penghasilannya meningkat Rp30 ribu sejak tersiarnya kabar rencana pengaturan becak di DKI Jakarta.

"Memang baru rencana, tapi sudah bikin penghasilan kami naik sedikit-sedikit," kata Muhalim yang sedang menunggu penumpang tak jauh dari pintu keluar Pasar Koja, Jakarta Utara, Selasa.

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca juga: Becak di Jakarta bagusnya dibuat begini

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018