Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dodi Riyadmadji dilantik sebagai Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) di Jakarta, Senin.

Dodi akan menggantikan Cornelis, Gubernur Kalimantan Barat dua periode, yang masa jabatannya telah berakhir pada 14 Januari 2018.

Pelantikan Dodi dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/P 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalbar Masa Jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Kalbar.

Pelantikan yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ini turut dihadiri oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Soni Sumarsono.

"Diharapkan kerja sama dengan DPRD. Konsultasi dengan anggota DPR dan DPD. Terus membangun komunikasi intensif dengan sekda dan SKPD," ujar Tjahjo di Kemendagri, Jakarta.

Mendagri juga mengimbau Dodi agar kelak dapat mengunjungi wilayah-wilayah perbatasan dan melakukan koordinasi untuk mempercepat reformasi birokrasi. Kalimantan Barat akan dipimpin oleh penjabat sampai ada penetapan serta pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018