Bandung (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter di Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya terasa hingga ke Bandung, Jawa Barat pada Jumat pukul 23.47 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter terjadi di 43 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 105 KM.

Guncangan gempa tersebut dirasakan sejumlah warga di wilayah Bandung raya, Cianjur, Sukabumi, bahkan juga terasa di Jawa Timur.

Seorang warga Babakan Ciparay, Kota Bandung, Euis Sutarni mengatakan guncangan gempa tersebut sangat terasa hingga membuat panik seluruh penghuni rumah.

"Saya lagi tidur terasa bergoyang ternyata gempa, saya langsung membangunkan orang-orang di rumah untuk keluar," kata Euis.

BMKG mengimbau agar warga khususnya yang tinggal dekat dengan pantai untuk berhati-hati serta waspada karena gempa tersebut berpotensi tsunami.

Sementara data dari Basarnas Jawa Barat, akibat gempa ini, dilaporkan ada beberapa rumah di Tasikmalaya mengalami kerusakan akibat guncangan yang terjadi beberapa detik tersebut.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017