Surabaya (ANTARA News) - Kantor Berita ANTARA Biro Jawa Timur menggelar pameran foto memperingati Dasawindu Kantor Berita ANTARA yang dibuka mulai Rabu, 13 Desember 2017. Besok (13/12), Kantor Berita ANTARA akan berulang tahun ke-80 setelah didirikan Adam Malik, Soemanang, Pandoe Kartawiguna, dan Alberth M SIpahoetar, pada 13 Desember 1937 di Jakarta.

Kepala Kantor Berita ANTARA Biro Jawa Timur, Akhmad Munir, menyampaikan, pameran foto ini sangat istimewa karena terdapat foto asli perobekan bendera di Hotel Yamato, Surabaya, saat pertempuran melawan penjajah di Surabaya karya wartawan ANTARA, Abdul Wahab Saleh.

Berawal dari perobekan bendera triwarna --merah-putih-biru-- itulah kemudian terjadi perlawanan pemuda laskar dan Tentara Nasional Indonesia secara habis-habisan terhadap tentara Sekutu dan NICA. Inilah pemicu Hari Pahlawan.

"Karena ini 80 tahun maka kami menampilkan foto-foto bersejarah. Total terdapat sembilan foto yang direpro dari foto orisinil peristiwa perobekan bendera," ujar Munir.

Menurut dia, foto dokumenter ini sangat menarik karena jarang ditampilkan di publik sehingga ini menjadi kesempatan bagi penikmat foto pada khususnya, dan masyarakat secara umum untuk menyaksikannya langsung.

"Silakan untuk datang dan melihat bagaimana peristiwa bersejarah perobekan bendera merah putih biru menjadi merah putih melalui karya foto yang saat itu wartawannya berada langsung di lokasi," kata Munir.

Sementara itu, pameran foto dibuka bersamaan dengan kegiatan peluncuran buku sekaligus `open house` di Graha Antara Jatim, Jalan Kombes Pol M Duryat 41 A-B, Surabaya.

Pada pameran bertajuk "Retrospeksi" itu juga ditampilkan foto-foto mendokumentasikan fenomena-fenomena di Jawa Timur selama 2017 yang merupakan karya pewarta foto Kantor Berita ANTARA Biro Jawa Timur.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017