Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengapresiasi pemerintah tegas menyatakan tidak akan memenuhi tuntutan apa pun dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua karena kalau masalah kesejahteraan, pemerintah sudah melakukan cukup banyak untuk mewujudkan hal tersebut.

"Saya menilainya sudah sangat tepat pemerintah tidak memenuhi permintaan KKB karena Papua adalah bagian dari NKRI dan sudah tidak bisa didebatkan lagi," kata Dave di Gedung Nusantara II, Jakarta, Jumat.

Dia menilai langkah pemerintah yang tidak akan memenuhi tuntutan itu, diyakini tidak akan meningkatkan eskalasi karena apa yang dilakukan KKB bukan atas nama masyarakat Papua secara keseluruhan.

Menurut dia, tuntutan itu hanya dari satu kelompok yang melakukan tindakan kriminal dan mereka jelas melakukan teror terhadap masyarakat Papua.

"Namun selama masyarakat Papua masih merasakan ketidakadilan, maka selalu ada gerakan-gerakan tersebut," ujarnya.

Karena itu dia menilai untuk mematikan gerakan tersebut adalah memastikan masyarakat Papua mendapatkan pelayanan publik yang optimal dan merasakan kesejahteraan.

Politisi Partai Golkar itu menyarankan untuk mengakhiri tindakan kriminal tersebut, pemerintah harus mengutamakan dialog dan terus membuka jalur komunikasi dengan masyarakat serta tokoh-tokoh Papua.

Selain itu menurut dia, harus terus dibuktikan dengan kinerja yang optimal dari pemerintah, dengan terus melakukan pembangunan infrastruktur, sekolah-sekolah, dan membuka lapangan pekerjaan.

"Pemerintah sudah melakukan kebijakan-kebijakan yang sangat baik dan kita harapkan kebijakan tersebut bisa dijalankan demi kemajuan dan kesejahteraan Papua," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017