Barabai, Kalsel (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendorong berkembangnya sektor pertanian di wilayahnya antara lain dengan mendatangi seluruh daerah yang menjadi kantong pertanian.

Menurut Gubernur di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Selasa, pada silaturahmi dan panen padi MK, Kelompok Tani Handil Tiga dan Gapoktan Indah Lesatri Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan, pihaknya sangat menghargai masyarakat yang mengembangkan sektor pertanian tanaman pangan.

Mendukung berkembangnya salah satu sektor yang menjadi fokus pembangunan pemerintah pusat dan daerah tersebut, Gubernur berupaya turun langsung ke lokasi-lokasi pertanian.

Selain untuk memberikan bantuan peralatan, juga untuk berdialog dengan petani untuk mengetahui berbagai persoalan yang dihadapi dan upaya yang diharapkan petani terhadap pemerintah.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat dan pemerintah daerah setempat dalam mendukung program-program pembangunan.Tanpa partisipasi masyarakat sebaik apapun program pemerintah tidak akan berjalan sesuai harapan," katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyerahkan sejumlah bantuan untuk peningkatan produksi pertanian, antara lain alinstan combine harvester kecil 2 unit, benih kedelai sebanyak 1.500 kg, cultivator 37 unit, pompa air 75 unit dan bantuan lainnya.

Gubernur berharap, masyarakat terus bekerja keras dan selalu mengedepankan kebersamaan, melalui gotong royong, sehingga apapun usaha yang dilakukan akan mendatangkan hasil maksimal.

Pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten kota tetap berusaha optimal memberikan bantuan, karena peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan prioritas perhatian pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga ikut memanen padi bersama para petani, bahkan dengan cekatan, Gubenur yang biasa disapa Paman Birin tersebut, memotong padi.

"Ulun ini anak petani jua (juga)," kata Paman Birin saat ditanya para petani dan undangan setelah melihat kemahirannya dalam memanen padi.

Acara panen perdana juga dihadiri Bupati HST, H Abdul Latif, ratusan masyarakat baik ulama, tokoh masyarakat, pemuda, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat desa, menyambutnya dengan penuh keramahan dan kegembiraan.

"Bagi kami Paman Birin adalah gubernur rakyat yang benar-benar sehati dengan rakyat. Beliau orangnya sederhana dan mau mendengarkan langsung aspirasi rakyat," ucap Aliah (40), warga Balimau Desa Kayu Rabah RT 07 , Kecamatan Pandawan.

Diutarakan Aliah, informasi kedatangan Paman Birin ke kampungnya untuk menghadiri panen padi bersama petani dengan cepat diketahui masyarakat luas. Bahkan sejak pagi hari pelaksanaan, ratusan masyarakat berbondong-bondong ingin mengenal lebih dekat dengan gubernur mantan lurah ini.

Hal serupa diutarakan Rahimah, warga Jl Karantina Desa Kayu Rabah, RT 08. Menurutnya, kepempinan Paman Birin dalam menyerap aspirasi masyarakat mirip apa yang selama ini dilakukan Presiden Joko Wododo yang lebih suka berkunjung ke lapangan dan berdialog dengan masyarakat.

"Ya pola mendengarkan aspirasi rakyat desa sama seperti dilakukan Presiden Joko Widodo, jauh dari kesan seremonial pemerintahan," tambah Jumiati warga Desa Kayu Rabah lainnya.

Bupati HST H Abdul Latif mengatakan, pembangunan sektor pertanian merupakan program prioritas pemerintahannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati optimistis sektor pertanian akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat HST.

(T.U004/Y008)

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017