Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Sekitar 3.000 orang memeriahkan kegiatan Jalan Sehat sebagai rangkaian program "BUMN Hadir Untuk Negeri 2017" di Provinsi Bali, sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Kegiatan yang diikuti 31 perwakilan BUMN dan masyarakat umum ini dibuka oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta di Lapangan Kantor BUMN Pariwisata, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Bali, Rabu.

Jalan sehat sepanjang lima kilometer yang menempuh rute di dalam kawasan The Nusa Dua, dihadiri Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo serta para direksi badan usaha milik negara. Pada tahun ini tiga BUMN bersinergi melaksanakan program "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Bali, yaitu PT Jasa Marga sebagai pelaksana utama yang didukung oleh PT ITDC dan PT Surveyor Indonesia.

Keunikan Jalan Sehat di Bali, yaitu adanya penampilan Cak Kepung saat pembukaan acara, yakni tarian khas Bali yang menggambarkan kemegahan dan kemeriahan budaya lokal.

Pada acara tersebut, juga diramaikan dengan pameran produk-produk kerajinan dari bahan daur ulang yang diproduksi siswa disabilitas dari SLB 2 Denpasar.

Usai Jalan Sehat, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 20 varietas pohon langka. Masing-masing direktur utama tiga BUMN tersebut secara simbolis menanam pohon langka di sekitar area jalan sehat.

Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN, Wahyu Wibowo dalam sambutan usai Jalan Sehat mengatakan bahwa program BUMN Hadir Untuk Negeri merupakan aksi nyata untuk mengenalkan kiprah BUMN bagi masyarakat setempat

Sementara Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta mengajak BUMN untuk ikut mengembangkan perekonomian khususnya sektor pariwisata di wilayah utara Bali.

Pemprov Bali kini terus menggenjot pembangunan di wilayah utara untuk menyeimbangkan dengan perkembangan wilayah selatan yang kemajuannya jauh lebih pesat.

"Pemerataan pembangunan sangat penting agar tidak terjadi kesenjangan tajam antara di utara dan selatan," katanya.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri telah berlangsung secara berkesinambungan dan serentak sejak tahun 2015 di seluruh provinsi di Indonesia.

Pada tahun ini, tiga BUMN bersinergi melaksanakan lima program di Bali. Yaitu Siswa Mengenal Nusantara, yang merupakan program pertukaran pelajar tingkat SMA dan Sederajat terpilih dari Provinsi Bali untuk belajar tentang pendidikan, pariwisata, sosial budaya dan kewirausahaan.

Kemudian Jalan Sehat lima Km untuk masyarakat lokal, Upacara Bendera 17 Agustus yang merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Bedah Rumah Veteran yang merupakan program pemenuhan tempat tinggal yang layak untuk Veteran Indonesia serta Penghargaan Mantan Atlet Berprestasi, sebagai apresiasi BUMN kepada mantan atlet berprestasi.

(T.F004/A011)

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017