Karawang (ANTARA News) - Tim dayung Jawa Barat berhasil meraih dua medali emas pada cabang olahraga dayung rowing di PON XIX/2016 Jabar, di Situ Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jabar, Jumat.

Dua emas yang diraih pada babak final grup A rowing tersebut diperoleh dari nomor Quadruple Sculls Putri (W4X) atas nama Melani Putri, Susanti, Syiva Lisdiana dan Yayah Rokayah.

Raihan medali emas lainnya diperoleh melalui pedayung Dendri Maulidzar Al Gifari, Ferdiansyah, Kakan Kusmana, Romdhon Mardiana dari nomor Light Weight Coxless Fours Putra (LM4-) 2000 meter.

Pada babak final di nomor W4X, tim dayung Jabar mencapai catatan waktu tercepat 7:14.44, mengalahkan pesaingnya dari Papua yang mencapai posisi kedua, dengan catatan waktu 7:22.80, disusul kontingen Sumatera Selatan yang mencatatkan waktu 7:23.48.

Dengan demikian, tim dayung Jabar meraih emas, perak diraih Papua dan perunggu diraih Sumatera Selatan.

Untuk nomor LM4-, tim dayung Jabar unggul dengan catatan waktu 6:30.97, mengalahkan pesaingnya dari DKI Jakarta yang mencapai garis finis dengan catatan waktu 6:41.71. Sedangkan di posisi ketiga diraih tim dayung Jawa Timur yang mencatatkan waktu 6:46.11.

Dari hasil pertandingan itu, kontingen Jabar meraih emas, kemudian kontingen DKI meraih perak dan perunggu diperoleh tim dayung Jawa Timur.

Pelatih Dayung Jawa Barat Anang Mulyana mengatakan, hasil pertandingan final rowing grup A terbilang positif bagi tim dayung Jawa Barat. Sebab dari rowing itu tidak ada target khusus.

"Kalau target khusus di rowing kita tidak ada. Tapi kita minta setiap nomor harus mendapatkan medali. Makanya kami optimis dalam final esok pun kita akan mampu menambah emas," kata dia.

Di antara nomor yang diunggulkan pada babak final rowing grup B, Jumat, adalah nomor Double Sculls Putri karena selama latihan mereka memiliki catatan waktu yang bagus.


Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016