Cirebon (ANTARA News) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, masih memerlukan banyak Pegawai Negeri Sipil di semua intansi pemerintahan terutama bagian kesehatan dan pendidikan.

"Kami memang memerlukan banyak sekali PNS diberbagai sektor pemerintahan," kata Walikota Cirebon Nasrudin Azis di Cirebon, Senin.

Ia menuturkan kebutuhan PNS itu sangat mendesak karena yang memerlukan itu adalah sektor-sektor yang vital jajaran pemerintahan seperti sektor kesehatan, pendidikan dan sektor keuangan.

"Sektor pendidikan dan kesehatan kali ini sangat memerlukan tenaga-tenaga yang handal untuk melayani masyarakat yang membutuhkan," ujar Nasrudin.

Untuk memenuhi sektor itu, pihak pemerintah telah memohon kepada pemerintah pusat, agar bisa memberikan kelonggaran untuk kota Cirebon dalam membuka perekrutan PNS.

"Kami juga sudah menyiapkan anggaran untuk penerimaan PNS dan itu sudah siap semua tinggal mengajukan dan memberikan bukti-bukti bahwa Kota Cirebon memang membutuhkan PNS," tuturnya.

Ia menambahkan untuk syarat seperti pembelanjaan yang harus lebih besar dari pada belanja pegawainya lebih kecil, maka pihak pemerintah kota bisa mengajukan untuk pembukaan CPNS.

"Syarat yang harus dipenuhi untuk pembukaan CPNS sudah kami penuhi dan dari situlah kami akan mengajukan ke Kemenpan," tambahnya.

Seperti yang telah diketahui bahwa ada moratorium perekrutan PNS yaitu selama lima tahun kedepan, seperti yang disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015