Jakarta (ANTARA News) - Sepotong saja superfood dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Buah naga salah satunya. Sekalipun tergolong buah eksotik, buah ini aman dikonsumsi perempuan hamil dan menyusui.

Berikut terdapat enam manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh seperti dilansir Medical Daily.

1. Anti-penuaan
Kandungan antioksidan dalam buah naga mampu menjaga kekecangan kulit dan melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Selain itu, buah yang tergolong buah-buahan tropis ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya.

Praktisi gizi sekaligus pendiri Meehan Formulations, Kevin Meehan, mengatakan, salah satu kunci penting yang dibutuhkan sel-sel tubuh adalah fosfor dan phospolipid. Kedua zat ini dapat mencegah penuaan dini.

2. Mencegah kanker
Selain vitamin C, buah naga juga mengandung karotein yang mampu mengurangi pertumbuhan jumlah tumor di tubuh.

Tak hanya itu, kandungan likopen terutama dalam buah naga yang berwarna merah diketahui menurunkan risiko kanker prostat.

Hal ini seperti disebutkan sebuah studi dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada 2011 lalu. Studi itu memperlihatkan, asupan likopen kurang dari 2,4 mikrogram per hari bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

Sementara asupan yang lebih tinggi baik dari buah-buahan, sayuran dan makanan yang kaya akan likopen ditambah aktivitas fisik secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker.

Bukan hanya buah, kulit buah naga ternyata kaya akan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari berbagai bentuk kanker

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Buah naga dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naha bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, buah eksotik ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menstabilkan gula darah
Asupan tinggi serat dalam buah naga dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah seseorang, dengan menekan lonjakan gula darah.

5. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat dalam buah naga dapat melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, konsumsi buah tropis ini juga dapat membantu mengurangi konstipasi.

"Mereka yang mengalami konstipasi bisa mengambil manfaat jika mengonsumsi buah ini dalam menu diet mereka," kata Meehan.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Jumlah vitamin C yang tinggi dalam buah naga mampu meningkatkan sistem daya tubuh. Selain itu juga membantu menstimulasi antioksidan. Kandungan vitamin C, mineral, fitoalbumin juga mampu melawan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat juga berkontribusi meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh.

Penerjemah: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015