Yogyakarta (ANTARA News) - Perguruan tinggi swasta di Indonesia diharapkan melakukan akselerasi internasionalisasi pendidikan tinggi melalui kerja sama strategis dengan perguruan tinggi luar negeri.

"Kami terus berupaya mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi asing," kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, dengan tujuan membuka pintu masuk internasionalisasi bagi PTS di Indonesia, Aptisi menandatangani "Letter of Intent" (LoI) dengan The Hague University, Den Haag, Belanda.

"Penandatanganan LoI dengan The Hague University tersebut merupakan kelanjutan dari agenda kunjungan kerja Aptisi ke Eropa sejak Sabtu (3/5)," kata mantan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

Kunjungan kerja Aptisi ke The Hague University tersebut, kata dia, dihadiri 32 delegasi yang terdiri atas rektor dan pimpinan PTS di Indonesia.

Ia mengatakan The Hague University saat ini menjadi perguruan tinggi di Belanda dengan profil mahasiswa internasional yang paling beragam.

"The Hague University memiliki lebih dari 2.000 mahasiswa internasional yang berasal dari 175 negara," katanya.

Menurut dia, selama kunjungan kerja ke Eropa, Aptisi juga melakukan penandatanganan LoI dengan dua perguruan tinggi lain.

"Kedua perguruan tinggi itu adalah Universite Catholique de Lille, Prancis, dan Saxion University of Applied Sciences, Belanda," kata Edy yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta. (B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014