Meskipun dengan banyak risiko,dampak dan implikasi, saya kira wajar karena masih dalam proses dan belum betul-betul dalam titik yang sempurna,"
Palangka Raya (ANTARA News) - Anggota Komisi II DPR RI Rahadi Zakaria menyatakan demokrasi di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan.

"Meskipun dengan banyak risiko,dampak dan implikasi, saya kira wajar karena masih dalam proses dan belum betul-betul dalam titik yang sempurna," kata Rahadi di Palangka Raya, Kamis.

Kendati kedaulatan rakyat sudah banyak kemajuan, namun politisi PDIP ini menghendaki agar demokrasi jangan hanya melaksanakan sistem demokrasi prosedural saja tapi juga demokrasi substansial.

Menurutnya, yang harus dibenahi dalam demokrasi saat ini yakni meningkatkan kesadaran masing-masing individu masyarakat baik pejabat, aktivitis, LSM maupun partai.

"Paling tidak diperlukan kesadaran adanya pencerahan kepada masyarakat, oleh pemerintah. kalangan pendidik, partai politik dan aktivitas yang bergerak di lapangan," tuturnya.

"Karena demokrasi di Indonesia bukan sesuatu yang baru, tapi karena digaungkan demkorasi. Jadi semua pihak harus bertanggung jawab untuk memahami apa itu kedaulatan rakyat," katanya.

Ia juga mengakui pendidikan politik di kalangan pelajar sudah mulai diperkenalkan, salah satunya dengan adanya pelajaran PPKN yang di dalamnya ada unsur pendidikan politik.
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013