AsiaNet 51926

TOKYO, 28 Januari 2013 (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Pada tanggal 26 Januari 2013, Daisaku Ikeda, ketua perhimpunan umat Buddha Soka Gakkai International (SGI), mengumumkan usul perdamaian tahunan ke-31-nya, "Keharuan, Kebijakan dan Keberanian: Membangun Masyarakat Global Perdamaian and Koeksistensi Kreatif"

     Ikeda menekankan sentralitas martabat kehidupan dan mengimbau tindakan terhadap penghapusan senjata nuklir, kebutuhan untuk mengatasi kemiskinan sebagai masalah hak asasi manusia dan berbagai cara meningkatkan hubungan antara China dan Jepang.

     Untuk mewujudkan rasa hormat atas martabat kehidupan, beliau mengusulkan tiga pedoman umum: berbagi kebahagiaan dan penderitaan orang lain, yakin pada kemungkinan tak terbatas kehidupan serta terus-menerus membela dan merayakan keberagaman. Khususnya, Ikeda menekankan dialog dan refleksi diri sebagai cara menyebarkan empati dan meningkatkan budaya perdamaian. Beliau berpendapat bahwa, karena sifat identitas manusia yang berlapis-lapis, "selalu ada kemungkinan menemukan poin-poin pertemuan dan resonansi bersama dalam hubungan antar manusia."

     Dalam hal langkah-langkah konkrit, beliau menyambut baik upaya yang dipimpin oleh Norwegia dan Swiss untuk menyoroti dampak kemanusiaan senjata nuklir yang dapat menghancurkan, dan mendesak Jepang, satu-satunya negara yang menjadi target senjata ini, untuk mendukung usaha ini. Beliau mengulangi seruannya atas penyusunan dan adopsi Konvensi Senjata Nuklir untuk melarang secara komprehensif senjata-senjata pemusnah massal tersebut. Untuk tujuan ini, beliau juga mengusulkan agar KTT G8 yang diperluas diselenggarakan di Hiroshima atau Nagasaki pada tahun 2015, peringatan 70 tahun pemboman atom kota-kota itu, guna mendorong komitmen baru di antara para pemimpin dunia terhadap penghapusan senjata nuklir.

     Dengan memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 65 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Ikeda mengimbau perhatian mendesak atas kemiskinan sebagai isu hak asasi manusia. Beliau mendesak pelaksanaan Lantai Perlindungan Sosial di setiap negara yang memungkinkan orang-orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrim mendapatkan kembali rasa harga diri. Beliau juga mengimbau pendidikan dan pelatihan mengenai hak asasi manusia di tingkat global.

     Setelah memperjuangkan persahabatan China-Jepang selama lebih dari 45 tahun, Ikeda mengeluhkan kemerosotan dalam hubungan baru-baru ini, namun menolak pesimisme mengenai masalah ini, dengan menyebut bahwa persahabatan mendalam telah dijalin melalui banyak pertukaran selama bertahun-tahun. Beliau mengimbau kedua negara untuk menegaskan kembali komitmen mereka terhadap dua janji utama dalam Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan tahun 1978: untuk menahan diri dari penggunaan atau ancaman kekerasan dan tidak mencari hegemoni regional.

     Beliau mengusulkan forum dialog tingkat tinggi antara China dan Jepang bersama dengan pembekuan pada setiap tindakan provokatif. Berbagai upaya yang terus terang menganalisis akar konfrontasi saat ini dapat menghasilkan perdebatan sengit, namun mereka dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah yang mendasari dan aspirasi para pihak. Kepercayaan hanya dapat dibangun kembali melalui upaya bersama untuk mengatasi masalah umum dan oleh karena itu Ikeda mengusulkan agar China dan Jepang meluncurkan organisasi kerjasama lingkungan hidup di Asia Timur. Organisasi itu akan, "menciptakan peluang bagi kaum muda dari China dan Jepang untuk bekerja sama menuju tujuan bersama."

     Daisaku Ikeda (1928-  ) adalah seorang filsuf, pejuang perdamaian dan penulis Buddha. Beliau adalah ketua jaringan umat Buddha Soka Gakkai International (SGI) dengan 12 juta anggota di seluruh dunia, sekaligus pendiri Toda Institute for Global Peace and Policy Research dan Soka University. Sejak tahun 1983, Ikeda telah mengajukan usul perdamaian setiap tahun pada tanggal 26 Januari, hari jadi SGI yang didirikan pada tahun 1975.


     SUMBER: Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Informasi Publik
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-80-5957-4711
     Fax: +81-3-5360-9885
     E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013