Mahasiswa harus dikenalkan dengan kondisi di dunia kerja sedini mungkin, bahkan sejak di bangku perkuliahan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle Hariyadi Sukamdani mengatakan mahasiswa harus dikenalkan dengan dunia kerja maupun usaha sedini mungkin.

"Mahasiswa harus dikenalkan dengan kondisi di dunia kerja sedini mungkin, bahkan sejak di bangku perkuliahan," kata Hariyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan perguruan tinggi terutama vokasi harus lebih banyak memberikan proporsi praktik. Mahasiswa juga perlu dilatih dengan mengikuti beberapa kompetisi atau mendapatkan penghargaan internasional.

"Dengan demikian, mereka akan mampu menghasilkan ragam-koleksi (portofolio) yang berkualitas di akhir masa studi mereka," jelas dia.

Baca juga: Unand rancang program magang bersertifikat di media bagi mahasiswa

Bahkan beberapa lulusan dari LaSalle melanjutkan studi ke kampus LaSalle di negara lainnya, seperti Spanyol, Kanada dan Australia.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan wisuda sebanyak 184 lulusan, serta gelar busana karya mahasiswa.

Tema yang diusung adalah "Sphere: An Orb of Immense Creativities". Pemilihan tema itu dilatarbelakangi kondisi masyarakat yang hidup dengan penuh pembatasan akibat
pandemi.

Presiden Komisaris PT Indotex LaSalle College International, Poppy Dharsono mengatakan, pihaknya menambah satu program studi baru yakni sinematografi pada tahun ini.

Baca juga: PKT gelar tiga program magang cetak SDM andal kompeten

"Pada dasarnya saya orang sinematografi dan program ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun yang lalu," jelas Poppy.

Program studi baru itu menawarkan kurikulum yang menjawab kebutuhan pekerja kreatif yang mempunyai kompetensi profesi yang berlaku di industri film.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam mengatakan, pihaknya sangat mendukung semakin didekatkatnya mahasiswa dengan dunia kerja.

"Ini juga tertuang dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kita gaungkan sejak beberapa tahun terakhir," kata Nizam. 

Baca juga: Uhamka dan kampus Filipina selenggarakan program magang bersama
 

Pewarta: Indriani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022