Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) berhasil meraih hibah pendanaan untuk 12 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah III.

“Alhamdulillah, kami berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek pada PKM. Semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas masyarakat,” ujar Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Rektor Uhamka: Mahasiswa harus dapat manfaatkan potensi media baru

Uhamka meraih hibah pendanaan untuk 12 kelompok PKM skema kewirausahaan, penerapan iptek, pengabdian masyarakat, riset eksakta, dan riset sosial humaniora.

Dia menambahkan pihaknya terus berupaya untuk mendorong kreativitas dan semangat agar mahasiswa dapat berkembang, tumbuh, dan besar.

Sekretaris Uhamka Emaridial Ulza mengatakan pihaknya mendapatkan pendanaan untuk 12 kelompok PKM dan berada pada posisi terbanyak tiga dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Baca juga: Kampus harus bekali mahasiswa dengan teknologi digital

Menurut dia, sebanyak 12 kelompok dari berbagai skema tersebar di beberapa fakultas yakni Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Farmasi dan Sains.

“Kami mengapresiasi segenap pemangku kepentingan yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, sehingga 12 kelompok ini dapat diterima oleh Belmawa Kemendikbudristek dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat sebagai bentuk inovasi dan kreativitas mahasiswa,” kata Ulza.

Plt Direktur Belmawa Kemendikbudristek Kiki Yuliati mengatakan PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

Baca juga: Uhamka tempati peringkat 66 kampus terbaik versi Webometrics 2022

“PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respons positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah mahasiswa,” kata Kiki.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022