Target kami untuk vaksinasi ini harus di atas 90 persen untuk dosis satu dan dua
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, menargetkan pada Maret 2022, capaian vaksinasi COVID-19 mencapai 90-an persen dari total sasaran penerima vaksinasi.

"Target kami untuk vaksinasi ini harus di atas 90 persen untuk dosis satu dan dua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende Aries Dwi Lestari dalam keterangan yang diterima di Kupang, NTT, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Ende dan target ke depan.

Baca juga: Giliran masyarakat maritim Ende-NTT terima serbuan vaksinasi TNI AL

Dwi Lestari menjelaskan target vaksinasi COVID-19 seharusnya mencapai 100 persen, namun banyak warga yang telah menerima vaksinasi dosis satu sudah keluar dari Ende sehingga vaksinasi selanjutnya tercatat di tempat tujuan.

Ia menjelaskan secara keseluruhan, total sasaran penerima vaksinasi COVID-19 di daerah mencapai sekitar 181.600-an orang.

Saat ini, kata dia, vaksinasi dosis satu sudah mencapai 74 persen, sedangkan dosis kedua masih sekitar 40-an persen serta untuk warga lanjut usia (lansia) sekitar 40-an persen.

Baca juga: Puluhan pipa air bersih PDAM Ende terbawa arus banjir

Ia menjelaskan pihaknya tengah mengejar capaian vaksinasi bagi warga lansia mencapai 60-an persen karena masih cukup sulit untuk meningkat.

"Vaksinasi bagi lansia masih 40-an persen, artinya masih harus bertambah sekitar 4.000 orang untuk mencapai 60-an persen," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil dukung Pemkab Ende bangun patung Bung Karno

Dwi Lestari mengatakan untuk mengejar target itu, pihaknya juga telah membentuk pos vaksinasi, seperti pos vaksinasi bagi warga lansia yang dipusatkan di depan Rumah Sakit Umum Daerah Ende selama Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 Wita.

"Selanjutnya kami juga segera menghadirkan pos-pos vaksinasi di tempat pelayanan publik seperti pasar," katanya.

Ia menambahkan pemerintah kabupaten setempat juga segera memberlakukan aturan bagi warga yang memperoleh pelayanan umum harus menunjukkan sertifikat vaksinasi dosis dua.

Baca juga: KM Empat Bersaudara tenggelam di Pulau Ende, 24 penumpang selamat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022