Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate memaknai Natal sebagai ajang membangun solidaritas yang kuat dan menciptakan kerekatan sosial di masa-masa pemulihan pandemi seperti saat ini.

Kedua langkah itu dinilainya sebagai cara penting untuk dilakukan sebagai prinsip untuk terus maju ke depan terkhusus untuk Kementerian Kominfo dapat mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional bagi masyarakat Indonesia.

“Walaupun pandemi COVID-19 sendiri ada tantangan yang mencemaskan, yang menggetarkan kita semuanya. Tapi ada sisi lain dari pandemi COVID-19, yaitu harapan besar akselerasi transformasi digital untuk memudahkan kehidupan manusia di muka bumi, secara khusus di Indonesia,” ujar Johnny dalam perayaan natal bersama Kementerian Kominfo dikutip dari siaran persnya, Rabu.

Mengenai akselerasi transformasi digital, menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo mempunyai tugas besar sebagai penggerak membangun dan menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang memadai untuk memperkecil kesenjangan di tengah era digital.

Penyelenggaraan berbagai agenda nasional maupun komunitas secara virtual maupun hibrida menurut Johnny perlu dimaknai sebagai bukti bahwa Indonesia sebagai bangsa memiliki kemampuan beradaptasi dan memiliki kemampuan untuk mengatur arah baru di tengah situasi yang menantang

“Tugas kita memungkinkan migrasinya aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital, memungkinkan migrasinya kegiatan masyarakat dari physical space ke digital space," ujarnya.

Johnny juga membagikan tema natal yang sudah disepakati secara nasional oleh Persekuatan Gereja- Gereja di Indonesia (PGI) adalah "Cinta Kasih Kristus Menggerakan Persaudaraan".

Ia menilai tema itu relevan dengan situasi Indonesia agar dapat terus menjaga perdamaian serta menciptakan relasi harmonis antar umat beragama.

"Persaudaraan merupakan tema universal yang dapat merekatkan hati orang-orang beriman untuk menjaga kerukunan, menjaga kedamaian, menjaga atau menjadikan kesejahteraan bagi masyarakat, bagi bangsa, dan bagi negara,” ujarnya.

Ia berharap ke depannya masyarakat bisa menjaga solidaritas kerukunan dan persaudaraan di tengah kehidupan sosial dengan berlomba- lomba menciptakan kebaikan.

Tentunya dengan cara demikian, kualitas hidup masyarakat Indonesia bisa lebih baik lagi dan lebih bahagia.

“Jadi sekarang tambah lombanya, lomba kebaikan, menggaungkan solidaritas dan kegotongroyongan nasional, menggerakkan naluri-naluri persaudaraan dan bekerja untuk aksi kemanusiaan di seluruh wilayah tanah air kita,” tutupnya.


Baca juga: Kominfo gandeng "e-commerce" sosialisasikan Presidensi G20 Indonesia

Baca juga: Kominfo sebut penghapusan 3G masih dikaji

Baca juga: Rayakan Natal, Menkominfo ajak umat Kristiani kuat hadapi pandemi

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022