Lombok Tengah (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Mohammad Iqbal menyatakan kesiapannya provinsi ini mengelola pengamanan agenda perhelatan balap internasional MotoGP yang akan digelar pada tahun 2022.

"Saya sampaikan bahwa secara profesional, NTB berhasil menjadi tuan rumah yang baik pada event kelas dunia ini dan siap menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2022," katanya usai memantau keamanan perhelatan seri terakhir balap kelas dunia Asia Talent Cup (ATC) 2021 dan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu.

Baca juga: Dorna apresiasi keberhasilan Kapolda NTB kelola pengamanan Mandalika

Ia mengatakan hal itu usai melihat jalannya perhelatan balap motor kelas dunia yang berlangsung dalam dua pekan terakhir di Sirkuit Mandalika.

"Ini bukti bahwa NTB bisa menjadi tuan rumah yang baik. Bukan hanya dari pengamanan, bahkan dari aspek manapun semua berjalan dengan lancar dan sesuai rencana persiapan," ujarnya.

Baca juga: Kapolda NTB dapat penghargaan Vicpapa Brahmagola dari Kabarhakam Polri

Untuk lebih mematangkan persiapan MotoGP 2022, Polda NTB sebagai pemegang kendali pengamanan berencana akan mengadopsi pola perhelatan balap ATC 2021 dan WSBK 2021 yang telah berlangsung.

"Dari kegiatan ini, akhirnya ada produk manajemen pengamanan yang nantinya akan diaplikasikan dalam bentuk modul. Jadi ke depannya modul itu yang menjadi dasar apa pun untuk pengamanan 'event'-nya," ucap dia.

Baca juga: Kapolda NTB paparkan hasil evaluasi pengamanan Sirkuit Mandalika

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021