Sorong (ANTARA) - Presiden Joko Widodo pada Senin memberikan bantuan alat pertanian kepada para petani di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Bantuan alat pertanian yang diberikan kepada petani di Kabupaten Sorong meliputi pompa air, alat perontok gabah, alat pengayakan sagu, alat tanam jagung tunggal, alat tanam jagung dorong, alat pengolahan tanah, traktor roda dua, dan traktor roda empat.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Sorong, Presiden juga menanam jagung bersama anggota kelompok petani di kebun.

Presiden mengatakan bahwa Provinsi Papua Barat, terutama Kabupaten Sorong, punya potensi pertanian besar.

"Namun pemanfaatan lahan masih kurang, sehingga saya meminta kepada Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat untuk lebih mengikatkan lagi produktivitas pertanian," kata Presiden, yang mengunjungi Sorong bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, ia mengatakan, sistem tanam perlu diubah dari satu kali setahun menjadi dua atau bahkan tiga kali tanam dalam setahun agar kebutuhan pangan masyarakat Papua Barat bisa dipenuhi dari produksi pertanian Papua Barat.

Presiden mengatakan bahwa pemerintah pusat akan mendukung upaya peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Sorong.

"Tadi saya sudah lihat penggunaan teknologi pertanian oleh masyarakat. Kemudian akan diberikan akses modal usaha serta perbaikan irigasi sehingga akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sorong," katanya.

Selain itu, Presiden berharap para petani muda yang telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian Pertanian bisa menjadi motor penggerak usaha pertanian di Kabupaten Sorong.

Baca juga:
Presiden menanam jagung bersama petani di Kabupaten Sorong
Presiden Jokowi berharap Sorong jadi daerah produsen utama pertanian

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021