Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) kembali melakukan pemeliharaan jalan dengan merekonstruksi dua titik Jalan Tol Ruas Jakarta-Cikampek yakni Kilometer (KM) 36+005 dan KM 27+223 guna memberikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta memenuhi standar pelayanan minimal.

General Manager Representative Office 1 JTTRD Muhammad Taufik Akbar di Cikarang, Jumat mengatakan pekerjaan rekonstruksi rigid pavement di titik pertama mulai KM 36+005 hingga KM 36+440 di lajur 1 Ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

"Total penanganan di titik pertama ini sepanjang 175 meter. Dijadwalkan dimulai pada Minggu (27/6) pukul 20.00 WIB sampai Jumat (2/7) pukul 24.00 WIB," katanya.

Sementara untuk titik kedua mulai KM 27+223 hingga KM 27+020 lajur 1 Ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dengan total panjang penanganan 120 meter dan mulai dikerjakan pada Senin (28/6) pukul 09.00 WIB hingga Sabtu (3/7) pukul 24.00 WIB.

Taufik memastikan tidak ada penutupan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta selama pekerjaan tersebut berlangsung.

Baca juga: Anak usaha Jasa Marga siap kembangkan infrastruktur fiber optic di tol

"Masih beroperasi dan dapat dilalui secara normal meskipun terdapat pekerjaan rekonstruksi di kedua lokasi tersebut," katanya.

Pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja pada lajur 1, serta persiapan skema lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan sudah padat.

"Kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO)," ucapnya.

Jasa Marga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud sekaligus mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Baca juga: Jasa Marga rekonstruksi Simpang Susun Tol Jakarta-Cikampek

"Tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android," kata dia.(KR-PRA).
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021