Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) layanan pembayaran digital GoPay dan layanan donasi Kitabisa.com mengajak masyarakat bergotong royong membantu sesama lewat donasi digital untuk membangun Indonesia yang lebih berdaya.
 
"Dalam tiga tahun terakhir, Hardolnas telah menjadi ajang bagi sejumlah perusahaan untuk mengapresiasi para donatur yang berbagi lewat platform Kitabisa.com. Di Hardolnas 2020 lalu, lebih dari 24 ribu orang baik telah berpartisipasi dan kami mencatat lebih dari Rp18,8 miliar donasi berhasil terkumpul dalam jangka waktu satu minggu saja," kata Chief Product Officer Kitabisa.com Vikra Ijaz melalui keterangannya, Jumat.

"Memasuki tahun ke-3 Hardolnas, kami harap program ini dapat semakin mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penggalang dana sehingga akan ada lebih banyak pula orang yang terbantu lewat donasi," imbuhnya.

Baca juga: Tips kirim THR dan donasi dengan dompet digital DANA

Baca juga: Tren terus naik, GO-PAY kembangkan layanan donasi


Menambahkan, Head of Corporate Affairs GoPay Winny Triswandhani mengatakan bahwa pihaknya terus melanjutkan komitmennya mengedukasi masyarakat luas mengenai kemudahan berdonasi secara digital, agar masyarakat bisa lebih mudah membantu sesama.

"Harapannya, inisiatif ini dapat melipatgandakan kebaikan yang tersalurkan ke mereka yang membutuhkan, serta menjadi pengingat bagi orang baik lainnya untuk tetap saling membantu di masa sulit," kata dia.

Selama periode Hardolnas, GoPay akan melipatgandakan setiap donasi GoPay yang masuk ke tiga inisiatif galang dana terpilih. Donasi yang akan dilipatgandakan mulai Rp10 ribu hingga Rp100 ribu. Tiga inisiatif ini dipilih karena dinilai merepresentasikan berbagai isu sosial yang paling membutuhkan bantuan masyarakat.

Ketiga inisiatif galang dana tersebut adalah Warteg Gratis oleh Edho Zell, Program Ramadan Bahagia oleh BAZNAS, dan Kado Al-Quran oleh Rumah Zakat.

Kolaborasi GoPay dan Kitabisa.com bukanlah yang pertama kalinya. GoPay merupakan salah satu metode pembayaran favorit di Kitabisa.com sejak tiga tahun terakhir. Selain itu, GoPay bekerja sama dengan Kitabisa.com untuk fitur GoGive di aplikasi Gojek.

GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi yang disalurkan lewat GoPay meningkat 2,5 kali lipat di 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp136 miliar.

Riset Digital Donation Outlook 2020 menunjukkan bahwa rerata nilai per donasi digital naik sebesar 72 persen selama pandemi. Di bulan Ramadan ini, GoPay juga mendorong donasi digital lewat dukungan Gerakan Cinta Zakat bersama Baznas.

Baca juga: GoPay gaet Telkomsel dan PUBG hadirkan pengalaman game lebih seru

Baca juga: GoPay kenalkan fitur auto invest di GoInvestasi, atur investasi rutin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021