Bantaeng, Sulsel (ANTARA News) - Setelah berhasil meraih Piala Adipura 2010, Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah meningkatkan bonus untuk petugas kebersihan di wilayahnya.

Bonus yang semula Rp5 juta kepada petugas yang wilayahnya bersih, ditingkatkan menjadi Rp10 juta. Selain itu, Bupati juga menjanjikan ibadah umroh.

Bonus dari dana pribadi tersebut dikemukakan pada malam ramah tamah para penggiat Adipura se Kabupaten Bantaeng yang berlangsung di kediaman pribadi Bupati Nurdin Abdullah di Bonto Atu jalan lingkar, Bantaeng, Jumat malam.

Saat itu juga diserahkan seragam kebersihan lengkap dengan helem dan masker bantuan pengusaha konstruksi yang tergabung dalam Gapensi Kabupaten Bantaeng kepada 230 petugas kebersihan, termasuk petugas pertamanan dan pemadam kebakaran.

Penyerahan perangkat kebersihan tersebut disaksikan unsur Muspida, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Plt Sekkab H Thamrin Husain, para Camat, Lurah dan Kepala Desa di kabupaten berjuluk Butta Toa ini.

Bupati mengatakan, kabupaten berusia 755 ini telah menoreh sejarah dengan meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan. Karena itu, ia berharap, masyarakat Bantaeng tetap dapat menjaga kebersihan kota.

"Meraih penghargaan yang menjadi impian semua daerah ini tidak semudah yang dibayangkan. Dari 400 lebih kabupaten/kota se Indonesia, yang mendapat penghargaan hanya 82. Meski begitu, mempertahankan penghargaan yang sudah diraih itu justru yang akan lebih berat," urainya.

Dia mengemukakan, sejak dilantik menjadi bupati, masalah kebersihan kota menjadi hal utama. "Yang pertama saya minta kepada seluruh jajaran adalah bagaimana kota ini bisa bersih sebelum warga bangun. Dan, ternyata bisa kita wujudkan," tambahnya.

Ia juga mengemukakan, menjadi pemimpin harus bisa membanggakan masyarakat. "Saya ingin membuat orang Bantaeng itu bangga menjadi orang Bantaeng. Jangan sampai terjadi kecelakaan sejarah. Daerah ini disebut Butta Toa, tapi orang lain tidak mengenal Bantaeng dan masyarakatnya malu mengaku sebagai orang Bantaeng," tandasnya lagi.

Kini, orang-orang sudah mau datang ke daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini. Ia kemudian mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bantaeng agar terlibat langsung dalam membangun daerah ini.

"Mari kita bersama-sama membangun Bantaeng," pintanya. Ia juga mengemukakan bonus khusus kepada petugas kebersihan dalam bentuk umroh kepada petugas kebersihan yang terbaik.

Untuk menunjang kesehatan para petugas kebersihan, Pemda bekerjasama Tim Penggerak PKK yang dipimpin Ny Hj Lies F Nurdin memberi jaminan kesehatan berupa check-up setiap enam bulan.

Untuk mempertahankan Piala Adipura, Bupati juga berharap peran Camat, Lurah dan Kepala Desa agar bersama-sama masyarakat memberikan kesadaran agar kita tidak berharap sepenuhnya kepada petugas kebersihan.

Sebelumnya, Kepala Bapedalda Bantaeng Ir Asaduddin Rahman melaporkan persiapan yang dilakukan pihaknya sejak awal hingga berhasil meraih Piala Adipura. Menurutnya, Bapedalda melibatkan 230 orang petugas kebersihan termasuk petugas taman dan pemadam kebakaran yang bahu membahu dan bersemangat bekerja.

Ini dilakukan sejak 2008 dan 2009 Bantaeng sudah berhasil meraih Piagam Adipura. Berkat komitmen pimpinan daerah, tahun 2010, Bantaeng berhasil meraih Piala Adipura, ucapnya. (AAT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010