Sebagai 'wrap up' (rangkuman) dari keseluruhan acara KTT Ke-37 ASEAN dan KTT-KTT terkait lainnya, saya dapat menyampaikan beberapa hal. Secara konsisten presiden menyampaikan 3 isu
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan Presiden RI Joko Widodo secara konsisten menyampaikan sejumlah pesan selama keseluruhan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-37 ASEAN dan KTT terkait lainnya.

"Sebagai wrap up (rangkuman) dari keseluruhan acara KTT Ke-37 ASEAN dan KTT-KTT terkait lainnya, saya dapat menyampaikan beberapa hal. Secara konsisten presiden menyampaikan 3 isu," ujar Menlu Retno saat memberikan keterangan pers virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menlu mengatakan isu pertama yang konsisten disampaikan Presiden adalah mengenai pentingnya memperhatikan kerja sama di bidang kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang yaitu membangun ketahanan kesehatan kawasan dan dunia.

Pesan kedua yakni, mendorong kerja sama untuk mengatasi dampak ekonomi dari pandemik. Kerja sama ini penting untuk terus dilakukan agar kondisi ekonomi dunia menjadi lebih baik, tanpa mengorbankan ketaatan pada protokol kesehatan.

Baca juga: Menlu Retno: KTT ke-37 ASEAN hasilkan 33 dokumen

Baca juga: Menlu Retno: Perkuat jejaring kerja antara perempuan di ASEAN


Pesan ketiga, mengenai pentingnya terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dan dunia. Menlu menyampaikan, hal ini terus ditekankan oleh Presiden mengingat rivalitas antara kekuatan besar semakin menajam.

"Upaya untuk menangani pandemik dan dampak ekonomi akan terhambat jika isu perdamaian dan stabilitas tidak terus dijaga," tutur Menlu Retno menjelaskan.

Selain itu kata Menlu, isu sentralitas dan soliditas ASEAN juga secara konsisten disampaikan oleh presiden selama KTT.

Menurut Presiden, ASEAN harus benar-benar menjalankan prinsip-prinsip tersebut. Sementara Indonesia secara konsisten harus terus menjaga sentralitas dan soliditas ASEAN dan akan terus menjalankannya.

"We can not do it alone, we need everyone on board. ASEAN harus terus memegang dan melaksanakan prinsip-prinsip yang sudah disepakati bersama, misalnya, ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dan tidak membuka peluang negara manapun untuk menawar prinsip-prinsip tersebut," ujar Menlu.

Adapun pesan lain yang mengemuka dan ditekankan Presiden, kata dia, mengenai penghormatan hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982 dan pentingnya upaya memperkuat multilateralisme.

Baca juga: Jokowi: RCEP komitmen perdamaian, stabilitas, sejahtera di kawasan

Baca juga: Presiden sampaikan sejumlah pesan dalam KTT ASEAN-PBB

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020