Bandarlampung (ANTARA) -

PT Hutama Karya (Persero) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) melakukan sosialisasi 3M + 1 T kepada pemudik yang melakukan istirahat di rest area 87 jalur B di jalan bebas hambatan itu, antara lain dengan membagikan masker.

"Kita lakukan penerapan protokol kesehatan dengan 3M + 1T, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkurumun kepada pengendara yang masuk ke rest area," kata Branch Manager PT Hutama Karya (Persero) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan karena masih banyak pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19, baik di dalam kendaraan maupun saat berada di rest area.

Baca juga: HK imbau pengendara tol Sumatera patuhi protokol kesehatan

Selain melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, PT HK bersama dengan Satuan PJR Polda Lampung dan TNI juga membagikan masker kepada kendaraan yang masuk ke lokasi rest area.

"Selain melakukan sosialisasi, kita juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada kendaraan yang masuk rest area sebagai bentuk kependulian perusahaan kepada pengendara untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Hanung menjelaskan pembagian masker ini bukan hanya kepada kendaraan yang melintas, tetapi juga kepada pedagang yang berjualan di lokasi rest area.

Baca juga: Libur panjang, Hutama Karya prediksi trafik Tol Trans Sumatera naik

Ia juga meminta kepada pengendara harus mematuhi peraturan di jalan tol dengan kecepatan 60 sampai 100 kilometer per jam.

"Jangan melebihi kecepatan yang telah ditentukan, karena bisa membahayakan penumpang dan kendaraan lainnya. Sebaiknya mematuhi peraturan yang sudah ada," jelasnya.

Anggota Satuan PJR Polda Lampung Aipda Satrio mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk semua pengendara agar mematuhi protokol kesehatan COVID-19,guna memutus rantai penyebaran virus ini.

"Kita lakukan ini agar pengendara bisa mematuhi protokol kesehatan COVID-19, karena ini sangat penting untuk memutus rantai penyebaran virus ini," katanya.

Baca juga: HK sosialisasikan sanksi atas kendaraan ODOL

Pewarta: Hisar Sitanggang/Emir Fajar Saputra
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020