Dinkes Kota Cirebon minta warga tetap terapkan 3M saat libur panjang

id Cirebon,aa,ingatpesanibu, ingat pesan ibu

Dinkes Kota Cirebon minta warga tetap terapkan 3M saat libur panjang

Sejumlah petugas Tim Gugus Tugas COVID-19 mengambil sampel usap kepada pedagang di Pasar Tradisional. ANTARA/Khaerul Izan/aa.

Cirebon (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Jawa Barat Edy Sugiarto mengatakan selama libur panjang akhir pekan masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu 3 M, agar kasus COVID-19 tidak kembali melonjak.

"Protokol kesehatan selama libur panjang ini wajib diterapkan dengan ketat," kata Edy di Cirebon, Minggu.

Menurutnya, ketika protokol kesehatan pada masa libur panjang diabaikan di tengah pandemi COVID-19, maka dikhawatirkan akan terjadi klaster baru.

Baca juga: KAI Cirebon sebut ada 53 perjalanan kereta libur panjang akhir pekan

Untuk itu, Edy mengimbau masyarakat terutama yang akan ke Cirebon maupun ke warga Cirebon yang bepergian keluar kota harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dia melanjutkan pada libur panjang akhir pekan ini pergerakan masyarakat diperkirakan akan begitu banyak, mengingat pandemi COVID-19 sudah terjadi sangat lama sehingga membuat warga cenderung bosan di rumah.

"Libur panjang berpeluang adanya pergerakan luar biasa sehingga protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,  harus diterapkan ketat," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Cirebon tak permasalahkan masuk zona merah COVID-19

Edy menambahkan ketika masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan, maka dikhawatirkan akan terjadi fenomena pingpong, yaitu warga dari Cirebon keluar daerah pulang membawa virus begitu juga sebaliknya.

Namun apabila selama libur terus menerapkan 3 M maka penyebaran virus corona baru atau COVID-19 bisa dikendalikan.

Baca juga: Empat pasien COVID-19 Cirebon jalani terapi plasma, dua sembuh

"Peluang fenomena pingpong akan terjadi. Contoh warga Jakarta ke Kota Cirebon apabila tidak menerapkan 3 M maka akan membawa virus begitu juga sebaliknya," katanya.

Pemerintah menetapkan libur panjang pada akhir Oktober 2020 yaitu cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober, libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober dan libur akhir pekan pada 31 Oktober dan 1 November 2020.

Baca juga: 42 pasien COVID-19 di Kota Cirebon sembuh

#satgascovid19 #pakaimasker #ingatpesanibupakaimasker

Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar